Lantik Kadis Dukcapil, Marten: Terus Berinovasi Layani Masyarakat

Lantik Kadis Dukcapil, Marten: Terus Berinovasi Layani Masyarakat

24/03/2021 15:44 0 By Maman

Pelantikan Kadis Dukcapil Kota Gorontalo

Walikota Gorontalo, Marten Taha saat melantik Kadis Dukcapil Kota Gorontalo, Yusrianto Kadir. (foto:hms)

Hulondalo.id – Inovasi diminta Walikota Gorontalo Marten Taha, mampu dan harus dilakukan Yusrianto Kadir, dalam melayani masyarakat selama pandemi Covid-19 melalui layanan daring.

Rabu (24/3/2021), Yusrianto Kadir dilantik Walikota sebagai Kepala Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil Kota Gorontalo yang baru.

“Tantangan saudara cukup berat, agar masyarakat dapat mengakses berbagai informasi dan mengurus persyaratan administrasi kependudukan cukup dari rumah,” kata Walikota.

Manfaat dari layanan daring juga diakui Walikota, memutus percaloan, pungutan liar, mencegah korupsi, termasuk menekan potensi penyebaran Covid-19 di Kota Gorontalo.

Pemanfaatan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) juga diminta Walikota, mulai dimanfaatkan. ADM kata dia, hibah dari Pemerintah Provinsi Gorontalo yang wajib diisi untuk meningkatkan pelayanan masyarakat.

Seluruh dokumen kependudukan seperti KTP elektronik, Kartu Identitas Anak, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, dan Akta Kematian dapat dicetak oleh mesin ini tanpa harus datang ke kantor.

“Diera transparansi dan digitalisasi, kependudukan dan keberadaan ASN bukan berorientasi kepada pimpinan, namun berorientasi melayani prima kepada masyarakat,” jelas Marten.

Walikota mengingatkan, ini menjadi tanggung jawab serta komitmen yang tinggi, dan harus dipahami serta dijiwai, karena ini konsekuensi yang diemban di dunia dan akhirat. (Mg01/Adv)