Lantik Penjabat Kades Monano Selatan, Bupati: Pengelolaan Keuangan Desa Harus Transparan

Lantik Penjabat Kades Monano Selatan, Bupati: Pengelolaan Keuangan Desa Harus Transparan

22/10/2020 00:26 0 By Maman

Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin melantik Penjabat Kades Monano Selatan. (foto:hms)

Hulondalo.id – Pengelolaan keuangan di desa diingatkan kembali Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin, agar dilaksanakan secara transparan dan penggunaannya juga harus sesuai dengan perencanaan yang ada di desa.

Pemanfaatan dana desa kata Bupati, harus dipertanggungjawabkan. Sebab kata Bupati, pertanggungjawaban keuangan di desa sangat rawan.

“Saya ingatkan kepada penjabat kepala desa dalam pengelolaan keuangan desa harus transparan sesuaikan dengan aturan yang ada,” ujarnya

Bupati mengatakan, di pemerintahan desa terdapat sistem pengelolaan keuangan desa, yang disebut Siskeudes. Jika hal itu dijalankan, maka setiap pemanfaatan rupiah akan diketahui oleh Kepala Desa.

“Setiap pengeluaran penting diketahui oleh kades, setiap dana yang masuk diketahui kades, dan harus kendalikan,” tegas Bupati, usai melantik Penjabat Kepala Desa Monano Selatan, Rabu (21/10/2020).

Bupati juga berpesan kepada penjabat Kepala Desa Monas, Ikbal Galib agar, dalam melaksanakan tugas-tugas kepala desa senantiasa berpedoman pada aturan yang ada. Selalu berkoordinasi dengan partner di desa yakni, BPD, LPM dan tokoh masyarakat, tokoh pemuda, serta tokoh agama.

“Jika itu, maka kades bisa menjalankan tugas pemerintahan ini dengan baik,” tutur Bupati.

Komunikasi dengan berbagai komponen dimasyarakat juga perlu dilakukan. Bupati juga berharap, kades tahu kondisi desa, sebagai kepala pemerintahan desa. (Prin/Adv)