Lapas Gorontalo Musnahkan 213 Barang Terlarang , Hantor: Perketat Pengawasan

Lapas Gorontalo Musnahkan 213 Barang Terlarang , Hantor: Perketat Pengawasan

23/02/2021 17:13 0 By Jeffry

Kakanwil Kemenkumham Gorontalo Hantor Situmorang saat memimpin pemusnahan barang hasil sitaan milik para tahanan di Lapas Kelas IIA Gorontalo

Hulondalo.id – Sedikitnya 213 barang milik warga binaan dimusnahkan oleh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Gorontalo, Selasa (23/2/2021).

Barang tersebut merupakan hasil sitaan dari penggeledahan yang dilakukan petugas dan masuk dalam kategori barang yang dilarang untuk digunakan di dalam tahanan.

“Jadi untuk seluruh barang tersebut merupakan hasil sitaan petugas dan kita musnahkan secara bersama,” ujar Kakanwil Kemenkumham Gorontalo Hantor Situmorang.

Adapun jenis barang tersebut kata Hantor, diantaranya handphone, pisau, charger, sendok, headset dan sejumlah barang lainnya yang diduga diperoleh dari para pengunjung saat mengunjungi Lapas.

Barang bukti hasil sitaan petugas

Modusnya pun sebut Hantor berbeda-beda. Yakni salah satunya dengan menyisipkan barang yang dilarang itu melalui makanan dan dilempar melalui pagar Lapas Kelas IIA Gorontalo.

“Modus ini dilakukan untuk mengelabui petugas, karena jika dilihat pagar Lapas Kelas IIA ini tidak terlalu tinggi,” sebut Hantor.

Kedepan kata dia, akan lebih meningkatkan serta memperketat segi pengawasan, yakni dengan membentuk tim agar lebih intens melakukan penertiban bagi pegawai maupun pengunjung Lapas.

“Mulai saat ini kita akan perketat pengunjung untuk masuk barang-barang masuk ke dalam Lapas, dan harus kita seleksi benar-benar. Tidak hanya di Lapas Kelas IIA, namun di seluruh Lapas yang berada di Provinsi Gorontalo,” pungkasnya.(MG-01)