Launching Desa Digital di Hutadaa, Nelson: Bagian dari Visi Misi NDH

Launching Desa Digital di Hutadaa, Nelson: Bagian dari Visi Misi NDH

06/09/2021 22:50 0 By Maman

Bupati Nelson Desa Digital

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo usai meresmikan Desa Digital di Desa Hutadaa. (foto:kominfo)

Hulondalo.id – Digitalisasi merupakan bagian dari visi misi kepemimpinan Nelson Pomalingo -Hendra Hemeto (NDH). Visi misinya jelas kata Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, Gemilang Mandiri.

“Salah satu mandiri itu adalah sistem, dan sistem kita bangun seperti halnya digitalisasi,” ujar Bupati usai melaunching Desa Digital di Desa Hutada’a Kecamatan Telaga Jaya Kabupaten Gorontalo, Senin (06/09/2021).

Kedepan kata Bupati, semua desa dapat menerapkan seperti yang dilakukan Pemerintah Desa Hutada’a. Dengan harapan, mempercepat pelayanan kepada masyarakat.

“Selain mempercepat pelayanan, juga database bisa diambil serta lebih transparan, kami berharap semua desa di Kabupaten Gorontalo dapat menerapkan desa digital,” harap Nelson.

Sementara itu, Kadis Kominfo Kabupaten Gorontalo, Haris Tome menuturkan, sistim ini mendorong masyarakat untuk beradaptasi dengan digitalisasi. Sistem ini kata dia, diciptakan untuk mempermudah masyarakat untuk mendapatkan pelayanan cepat.

“Seperti halnya masyarakat ingin mengurus surat di desa, masyarakat tak perlu datang ke kantor desa, cukup mengisi data dari rumah menggunakan handphone, di kantor desa tinggal dicetak, nantinya ada yang mengantar,” terang Haris.

Lebih lanjut Haris menjelaskan, penjualan khususnya UMKM yang ada di desa didorong memanfaatkan fasilitas ini. Bahkan bantuan kata dia,akan dilakukan secara digital, sehingga tepat sasaran.

“Intinya, desa berbasis digital ini sengaja dirancang guna mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan, sehingga mereka tak capek-capek datang di kantor desa, juga dapat mencegah kerumuman,” jelas Hartom panggilan akrabnya.

“Adapun nama aplikasinya yakni Halo Hutada’a dan command centrenya Relos Labs, dan yang membuat yakni blod.id,” tambah Hartom. (Pin/Adv)