Lawan Narkoba, BNN Gorontalo Utara Bikin Program Desa Bersih Narkoba

Lawan Narkoba, BNN Gorontalo Utara Bikin Program Desa Bersih Narkoba

28/06/2021 18:02 0 By Maman

Indra Yasin

Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin.

Hulondalo.id – Program Desa Bersih Narkoba diantara upaya Pemkab Gorontalo Utara melawan narkoba. Langkah awal program ini, menjadikan Desa Molingkapoto Selatan, Titidu dan Leboto sebagai desa percontohan melawan narkoba.

Senin (28/6/2021), Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin mengapresiasi pencanangan program ini oleh BNN. Dalam acara pencanangan yang bertepatan dengan Hari Anti Narkotika Internasional, Bupati mengakui, tentang pentingnya melawan narkoba sampai ke level desa.

“Karenanya, kita harus melawannya dari semua sisi, termasuk peran desa,” kata Bupati usai mengikuti Upacara Virtual Hari Anti Narkotika Internasional yang dihadiri Wapres RI.

Kerjasama juga kata Bupati, perlu dilakukan dengan ormas dan organisasi lainnya. Bantuan semua elemen seperti NU, PMI, Pramuka dan lainnya, semoga memperluas jangkauan pengawasan terhadap narkoba.

Sementara itu, Kepala BNN Gorontalo Utara, Ibrahim Paneo mengatakan, letak geografis Gorontalo Utara memiliki potensi tinggi menjadi daerah penyebaran narkotika.

“Gorontalo Utara merupakan kawasan transit, bahkan dekat dengan negara bagian laut utara yang banyak bandar pengedarnya,” ujar Ibrahim.

Dari tahun ke tahun juga kata Ibrahim, terjadi penurunan kasus di Gorontalo Utara. Dari tahun 2020 sampai 2021 kata dia, ada 30 orang yang sudah direhabilitasi. Mereka kebanyakan pemuda dan remaja. (Prin/Adv)