Lawatan ke Jepang, Rahmat Gobel Buka Pintu Kerjasama

Lawatan ke Jepang, Rahmat Gobel Buka Pintu Kerjasama

19/12/2019 20:24 0 By Maman

Rahmat Gobel dalam agenda kunjungannya ke Jepang. (istimewa)

Hulondalo.id- Berbagai potensi dari di Gorontalo dipaparkan Rahmat Gobel dihadapan para pejabat pemerintah Jepang, dalam agenda kunjungannya ke negara tersebut.

Memulai karir sebagai pengusaha hingga akhirnya sukses berkiprah di dunia politik dan diakui sebagai salah satu politisi berpengaruh asal serambi madinah, tak membuat Rachmat Gobel (RG) melupakan kampung halamannya.

Dalam lawatannya ke negara sakura baru-baru ini, bos Panasonic Gobel itu membuka keran kerjasama antar Jepang dan Gorontalo.

Secara langsung, Rahmat memaparkan potensi The Hidden Paradise dihadapan pejabat negara matahari terbit itu.

“Investasi industri pertanian dan perikanan, oleh pak rahmat gobel itu sudah disampaikan kepada pemimpin di negara Jepang,” ujar David Bobihoe dalam acara dialog publik di Hantaleya Cafe, Rabu (18/12/19).

Bak gayung bersambut, ide Rahmat Gobel langsung disahuti oleh Pemerintah Jepang. Rencananya negara sakura tersebut akan mengirim tim tenaga ahli ke Gorontalo, sebagai bentuk langkah awal membuka kerjasama.

Tak hanya bicara soal investasi, permasalahan Danau Limboto juga ikut diangkat oleh Rahmat Gobel. Potensi dan kondisi Danau Limboto yang mirip dengan Danau Biwa di Jepang, membuat RG tertarik mengadopsi konsep pengelolaannya.

Inovasi-inovasi yang dilakukan RG bersama tim kata David, merupakan bentuk pertanggungjawaban kepada masyarakat.

“Ini bentuk pertanggungjawaban tim kepada masyarakat, terkait apa yang kita lakukan di Jepang dan ini juga kesepakatan kita,” ungkap David.

Rachmat Gobel sendiri merupakan salah satu tokoh yang berjasa besar dalam pembangunan yang selama ini disebut-sebut sebagai daerah Madinatul ilmi.

Bahkan dalam perayaan HUT Kabupaten Gorontalo ke 346 tahun 2019, RG merupakan salah satu diantara tokoh yang mendapatkan Pin Emas Peniti Gemilang. Usahanya mempercantik Menara Pakaya tak bisa dipandang sebelah mata.

“Kita patut berterimakasih kepada beliau”, tutup David.

Sementara itu, dalam kesempatan sebelumnya mewakili pemerintah dan rakyat Kabupaten Gorontalo, Bupati Nelson Pomalingo juga menyampaikan terimakasih kepada Rahmat Gobel.

“Ada beberapa tokoh yang akan kita berikan pin emas peniti gemilang, salah satunya pak Rahmat Gobel, ini sebagai bentuk terimakasih dan penghargaan kita kepada beliau,” ujar Nelson Pomalingo. (Ika)