Lepas 608 Siswa PKL, Sekda: Harus Bisa Bersaing di Era Revolusi Industri 4.0

Lepas 608 Siswa PKL, Sekda: Harus Bisa Bersaing di Era Revolusi Industri 4.0

02/04/2019 16:40 0 By Alex

PKL

Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo saat menyematkan kartu tanda peserta siswa Praktek Kerja Lapangan (PKL) saat pelepasannya, Selasa (2/4/2019).

Hulondalo.id – Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba melepas sedikitnya 608 siswa Praktek Kerja Lapangan (PKL) SMK Negeri 1 Gorontalo, Selasa (2/4/2019).

Sebelumnya, peserta PKL adalah siswa kelas XI yang terdiri dari 9 jurusan yakni Bisnis Dalam Jaringan dan Pemasaran; Akuntasi Kuangan dan Lembaga; Usaha Perjalanan Wisata; Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran; Produksi Siaran dan Program Jaringan; RPL; MM; TKJ; dan APL.

PKL ini akan berlangsung selama 6 bulan kedepan yang dibagi dalam 2 tahap, yakni 3 bulan pertama dan 3 bulan selanjutnya dilaksanakan pada tahun ajaran baru.

Pada kesempatan itu, Sekretaris Daerah Darda Daraba berharap agar para siswa SMK tersebut dapat mewujudkan generasi yang siap kerja dan mampu bersaing pada era Revolusi Industri 4.0.

“Kita semua tahu bahwa tantangan di era milenial tak semudah yang dibayangkan. Pesatnya perkembangan teknologi turut memberi pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan pengetahuan dan karakter generasi bangsa,” kata Sekretaris Daerah Darda Daraba.

Dalam pendidikan sistem ganda ini, dibutuhkan juga peran dunia usaha dan dunia industri dalam menentukan keberhasilan peserta didik.

“Pengalaman berinteraksi dengan lingkungan dunia kerja dan terlibat langsung di dalamnya dapat membangun sikap kerja serta siswa-siswi ini lebih percaya diri karena orang lain dapat memahami apa yang dipahaminya dan pengetahuannya bisa diterima oleh masyarakat,” kata Sekretaris Daerah Darda Daraba.

Pada kesempatan itu pula, Kepala Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) Provinsi Gorontalo, Ramlah Habibie berharap siswa-siswi PKL dapat ditempatkan sesuai dengan bidangnya masing-masing.(usman)