Lestarikan Adat Istiadat, Ridwan: Kaderisasi Diperlukan juga Legitimasi Lembaga Adat

Lestarikan Adat Istiadat, Ridwan: Kaderisasi Diperlukan juga Legitimasi Lembaga Adat

01/12/2020 20:36 0 By Maman

Pelatihan Adat Gorontalo Utara

Sekda Gorontalo Utara, Ridwan Yasin saat menghadiri Pelatihan Adat tingkat Gorontalo Utara. (foto:hms)

Hulondalo.id – Regenerasi melalui kaderisasi akan dilakukan sebagai upaya melestarikan adat istiadat di Gorontalo Utara. Sekda Gorontalo Utara, Ridwan Yasin mengatakan, Lembaga Adat Istiadat juga akan dilegitimasi dengan aturan yakni, Peraturan Bupati (Perbup).

“Agar ini menjadi landasan kami untuk melestarikan adat istiadat,” kata Sekda kepada awak media usai menutup Pelatihan Adat Tingkat Kabupaten Gorontalo Utara di Amaris Hotel Kota Gorontalo Utara, Senin (30/11/2020).

Sekda juga mengatakan, setiap tahun pelatihan yang sama akan tetap ada dan harus ada kaderisasi yang nanti akan mewarisi para tokoh adat saat ini. Apalagi kata Sekda, usia mereka ada yang sudah diatas 40 bahkan 50 tahun ke atas.

“Ini menjadi tugas kami pemerintah daerah, untuk menciptakan sumber daya manusia,” tutur Sekda.

Pemkab Gorontalo Utara melalui Dinas Pendidikan Gorontalo Utara kata dia,, akan mewajibkan setiap sekolah, untuk memasukan adat istiadat itu sebagai menjadi pelajaran muatan lokal, yang harus diketahui dan diajarkan kepada siswa mulai dari SD hingga SMP.

Sebelumnya, dalam pelatihan itu kata Sekda, ada hal yang perlu disamakan persepsi oleh para tokoh adat di Gorontalo Utara. Meski kata dia, itu hanya beda dalam penyebutan.

“Pelatihan ini nantinya akan melahirkan rekomendasi yang akan di laksanakan di Gorontalo Utara khususnya,” tandas mantan Kepala Biro Hukum Provinsi Gorontalo itu. (Prin/Adv)