Lestarikan Budaya Lokal, Siswa SMA/SMK se Gorontalo Belajar Sulaman Karawo

Lestarikan Budaya Lokal, Siswa SMA/SMK se Gorontalo Belajar Sulaman Karawo

15/06/2021 12:05 0 By Maman

Siswa SMA SMK Belajar Sulam Karawo

Siswa SMA/SMK se Provinsi Gorontalo belajar bersama Sulaman Karawo di Museum Purbakala Gorontalo. (F. Inkri)

Hulondalo.id – Menjaga, melestarikan serta meneruskan budaya kearifan lokal Gorontalo, siswa SMA/SMK se Provinsi Gorontalo, belajar sulaman karawo di museum Purbakala Gorontalo.

Sulaman Karawo ini, dikerjakan dengan tangan oleh pengrajin, tanpa teknik modern atau secara teknologi. Jadi, hasilnya terbilang rapi dan punya khas buatan sendiri. Ciri khas sulaman Karawo, terlihat unik dengan menggunakan benang berwarna-warni oleh para pengrajin.

Sebelumnya, Kepala Dinas Dikbudpora Provinsi Gorontalo Wahyudin A. Katili, mengatakan, pemilihan kegiatan bersama sangatlah penting bagi regenerasi muda saat ini khususnya Siswa SMA/SMK di Gorontalo.

“Sekarang kita kekurangan pengrajin di bidang sulaman Karawo di Provinsi Gorontalo dan harus diupayakan regenerasinya,” ungkapnya.

“Saya harap kegiatan belajar bersama ini, mampu menciptakan pengrajin-pengrajin baru bagi siswa SMA/SMK di Gorontalo,” harap Wahyudin.

Pantauan hulondalo.id Selasa (15/6/2021), para siswa sangat serius dalam mengikuti pelatihan ini didampingi pengrajin yang sudah mahir, dalam melakukan sulaman Karawo dan guru-guru yang mengetahui proses pembuatan ciri khas Gorontalo ini. (Inkri/Adv)