Letkol. Firstya: Kedepan, Gorontalo Utara Perlu Membangun Posko Terpadu Penanganan Bencana

Letkol. Firstya: Kedepan, Gorontalo Utara Perlu Membangun Posko Terpadu Penanganan Bencana

03/03/2020 09:09 0 By Maman

Dandim 1314 Gorontalo Utara Letkol. Arm Firstya Andrean bersama Kapolres Gorontalo Utara AKBP. DIcky Irawan Kesuma saat memantau proses pembersihan badan jalan dari longsor.

Hulondalo.id – Dandim 1314 Gorontalo Utara Letkol. Arm. Firstya Andrean mengatakan, kedepan, Pemkab Gorontalo Utara perlu membangun posko terpadu penanganan bencana alam.

Posko ini kata dia, nantinya senantiasa siaga saat bencana alam terjadi. Termasuk didalamnya kesiapan peralatan untuk menangani bencana alam seperti alat berat. Juga mobilisasi untuk mempercepat penanganan bencana alam.

“Alat berat sudah ready, sudah siap, kemudian mobil yang mengangkut sudah siap, posko terpadu yang sudah ready dengan dapur lapangan, itu yang perlu kita pikirkan kedepan,” kata Letkol. Firstya.

Letkol. Arm Firstya juga mengatakan, penanganan bencana alam adalah tugas dari BPBD. TNI dan Polri hanya membantu. Karena ini kata Dandim, tidak lepas juga dari tupoksi dari TNI sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang nomor 34 tahun 2004.

“Amanat undang-undang, kita membantu penanggulangan bencana alam, linsektorat sudah tentu BPBD,” kata dia.

“Alhamdulillah dengan kesigapan dari bapak-bapak kepolisian, TNI dan masyarakat khususnya, bisa kita tangani sementara,” tuturnya. (Prin)