Lindungi Kepentingan Konsumen, Disperindag Tulungagung Bentuk KBK TERA

Lindungi Kepentingan Konsumen, Disperindag Tulungagung Bentuk KBK TERA

18/09/2020 22:08 0 By Maman

Kepala Disperindag Tulungagung, Dra. Imro’atul Mufidah.

Hulondalo.id – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Tulungagung, membentuk Kelompok Budaya Kerja Tertib, Efisiensi, Responsif dan Amanah (KBK TERA). Ini bagian dari upaya OPD tersebut, melindungi kepentingan konsumen.

Kepala Disperidag Tulungagung, Dra. Imro’atul Mufidah mengatakan, kesadaran masyarakat tentang pentingnya alat ukur timbang, takar dan perlengkapan industri dan perdagangan lainnya, masih kurang.

Karenanya, untuk melindungi kepentingan umum di sektor industri dan perdagangan, diperlukan adanya jaminan dalam kebenaran pengukuran. Tak hanya itu, Imro’atul juga mengatakan, ketertiban dan kepastian hukum dalam pemakaian satuan ukuran, standart satuan, metode pengukuran alat-alat ukur takar, timbang dan perlengkapannya, juga diperlukan.

“Melalui bidang kemetrologian, kita terus berusaha menjamin kebenaran pengukuran serta ketertiban pemakaian satuan UTTP pada alat-alat ukur takar, timbang dan perlengkapannya pada sektor industri dan perdagangan di Tulungagung,” kata dia, Jum’at (18/09/2020).

Imro’atul juga menjelaskan, sosialisasi tera ulang penting dengan memasang banner di pasar tradisional, membagikan brosur kepada para pedagang kecil, dan melakukan sosialisasi langsung kepada para pedagang. Disperindag kata dia, juga akan melakukan tera di Loko dan pelayanan tera di kantor.

“Setelah KBK TERA dibentuk, dan upaya sosialisasi pada para pelaku industri dan perdagangan tingkat kesadaran para Industri dan perdagangan menjadi meningkat 21% dibandingkan belum ada KBK.” ungkapnya.

“Satu kata untuk KBK TERA, PATRI atau Pelayanan Tera Tanpa Ribet,” tutupnya. (Sururi/Adv)