Listrik Padam, Tower Jaringan Tri di Limboto Ini Sempat Meledak Gara-gara Korslet

Listrik Padam, Tower Jaringan Tri di Limboto Ini Sempat Meledak Gara-gara Korslet

18/05/2021 21:09 0 By Alex

Tower Jaringan Tri

Petugas kepolisian saat mendatangi tower jaringan Tri (3) yang meledak di Kelurahan Dutulanaa, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo. (F. Istimewa)

Hulondalo.id – Pengguna jaringan seluler Tri (3) di wilayah Limboto dan sekitarnya mungkin kesal dengan signal naik turun sejak, Selasa (18/5/2021) sore.

Usut punya usut, rupanya tower jaringan komunikasi atau Base Tower Station (BTS) Tri (3) di kompleks perumahan Agrindo, Kelurahan Dutulanaa, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo, sempat meledak dan percikan api.

Setelah ditelusuri, tower jaringan Tri (3) mengalami hubungan pendek arus listrik alias korslet pada baterai penyimpanan listrik yang terletak di bagian tengah tower tersebut.

Beruntung meski sempat membuat kaget warga sekitar, namun tidak ada korban jiwa atau kerugian materil yang dialami warga sekitar.

Pasca peristiwa yang terjadi pada pukul 18.25 Wita itu, para petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) termasuk petugas PLN dan aparat kepolisian datang ke lokasi.

“Benar peristiwa itu. Tidak ada korban jiwa saat meledaknya tower BTS M3 itu dan sumber percikan api tidak menyebabkan nyala api yang besar dan jauh dari rumah penduduk,” ujar Kabag OPS Polres Gorontalo, AKP Omizon Eka Putra.

Dari hasil investigasi sementara petugas di lapangan pula, hubungan pendek arus listrik tersebut diduga terjadi akibat beban daya yang berlebih dari sumber listrik yang hanya berasal dari mesin genset pasca padamnya arus listrik di Gorontalo.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Gorontalo, Sumanti Maku menyampaikan, kerugian materil akibat peristiwa itu mencapai puluhan juta rupiah.

“Kerugian materil berupa 1 unit panel tempat penyimpanan daya tower jaringan Tri (3) dan 1 unit lampu merkuri. Kerugiannya sekitar Rp 50 Jutaan,” katanya.(Opin)