LKPJ Walikota Gorontalo 2020, Fokus Belanja Kesehatan Penanganan Covid-19

LKPJ Walikota Gorontalo 2020, Fokus Belanja Kesehatan Penanganan Covid-19

03/05/2021 20:09 0 By Maman

LKPJ Walikota 2020 DPRD Kota Gorontalo

Walikota Gorontalo, Marten Taha menyampaikan sambutan dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Gorontalo pembahasan LKPJ Walikota Gorontalo Tahun 2020. (foto:hms)

Hulondalo.id – Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Walikota dan Wakil Walikota Gorontalo tahun 2020, fokus pada penyediaan belanja kesehatan untuk penanganan Covid-19, serta belanja prioritas lainnya.

Senin (3/5/2021) dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Gorontalo, Walikota mengatakan, penanganan Covid-19 melalui refocusing ini, diamanatkan dalam Permenkeu Nomor 17 tahun 2021 transfer ke daerah.

Walikota juga mengatakan, dana desa tahun anggaran 2021 juga diperuntukkan pada penanganan Covid-19. Ini juga sebagaimana tertuang dalam Surat Edaran Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan RI No SE-2/PK/2021, tentang penyesuaian dana transfer ke daerah dan dana desa tahun 2021.

“Kebijakan ini berdampak negatif pada skenario pembangunan, dan laju pertumbuhan ekonomi, angka kemiskinan dan pengangguran saat menangani Covid-19,” kata Walikota.

“Kita harus memahami bahwasanya, indikator tersebut tidaklah bersifat absolut atau berdiri sendiri, melainkan dibentuk indikator yang sifat komposit, didesain sesuai dengan arsitektur yang meliputi benefit, impact, outcome, dan output,” tambahnya.

Diakui Walikota, LPKJ tahun 2020 terdapat beberapa indikator output yang tidak tercapai, dan dalam rapat pansus itu menjadi sorotan.

Walikota menambahkan, lembaga pemerintah daerah dan DPRD Kota Gorontalo adalah lembaga berada pada 1 frekuensi yang sama. Membutuhkan konsisten dalam pelaksanaan program.

Sub kegiatan yang dimuat dalam RKPD juga diakui Walikota, senantiasa menjadi acuan dalam proses perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan evaluasi.

“Terima kasih banyak seluruh anggota DPRD kota Gorontalo atas atensinya dan kerja keras dalam membangun Kota Gorontalo,” ucap Marten. (Inkri/Adv)