LKS Orang Tua Asuh Gorontalo Utara Ajak Warga Peduli Lansia

LKS Orang Tua Asuh Gorontalo Utara Ajak Warga Peduli Lansia

14/03/2021 06:21 0 By Maman

LKS OTA Gorontalo Utara

LKS OTA Gorontalo Utara saat memberikan bantuan kepada lansia. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Program Orang Tua Asuh (OTA) yang diinisiasi muslimah dari Gorontalo Utara, Monalisa Lahati, terus berkembang. Monalisa sukses merangkul sejumlah kerabat dan mereka yang peduli terhadap Lanjut Usia (Lansia).

Kini, program ini ada dalam naungan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) OTA yang beralamat kompleks Kantor Desa Mootinelo Kwandang. Sekretaris LKS OTA, Hastuti Hatibie mengatakan, lembaga ini kini dalam naungan Yayasan Dharma Bhakti Ummu Syahidah Provinsi Gorontalo.

Yayasan ini kata Hastuti, dipimpin anggota DPR RI, Idah Syahidah yang juga istri Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie.

“Sudah ada 63 donatur, mudah-mudahan terus bertambah,” ucap Hastuti, Kamis (11/3/2021).

Dimasing-masing kecamatan di Gorontalo Utara, LKS OTA punya koordinator atau relawan yang bekerja dengan ikhlas. Membantu menyalurkan bantuan kepada lansia yang menjadi sasaran LKS OTA.

Sementara itu, Bendahara LKS OTA Monalisa Lahati mengaku, selama ini tidak hafal jumlah lansia yang sudah terjangkau bantuan LKS. Namun Februari 2021 kemarin, kurang lebih ada 50 Lansia di Kecamatan Kwandang, Anggrek, Monano dan Sumalata, dapat bantuan.

“Bantuan diserahkan secara bergilir, dengan melihat dan menyesuaikan dengan hasil donasi yang terkumpul setiap bulannya,” ujar Mona.

“Ada juga lansia yang terima bantuan tetap disetiap bulannya, tergantung kondisi lansia itu, setiap bantuan atau paket sembako yang diserahkan, bernilai Rp 50 ribu,” sambung Mona.

Mona mengakui, sumbangan para donatur setiap bulannya belum menentu atau tidak tetap. Paling banyak Rp 3,7 juga, paling sedikit Rp 2,4 juta perbulan. Mona berharap, donatur LKS terus bertambah.

“Semakin banyak donatur, semakin banyak pula lansia yang akan terjangkau bantuan dari LKS OTA,” ungkapnya.

Jika ada yang ingin menjadi donatur atau ingin bergabung dengan LKS OTA, Mona mengatakan, dapat menghubunginya di nomor 0852-5631-1644.

Adapun pengurus inti LKS OTA tersebut yakni, Ketua Sarwan K. Umuri, Hastuti Hatibie sebagai Sekretaris dan Monalisa Lahati sebagai Bendahara. Mereka merupakan pekerja pendamping keluarga harapan (PKH) di Kabupaten Gorontalo Utara. (Prin)