Lomba Kabupaten/Kota Sehat, 2020 Gorontalo Utara Stop Buang Air Besar Sembarangan

Lomba Kabupaten/Kota Sehat, 2020 Gorontalo Utara Stop Buang Air Besar Sembarangan

11/09/2019 07:52 0 By Maman

Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin memimpin Rapat Koordinasi Persiapan Verifikasi Lapangan Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat Gorontalo Utara tahun 2019. (hms)

Hulondalo.id- Tahun 2020 mendatang, Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin berharap, masyarakat didaerah ini tidak lagi buang air besar sembarangan. Karenanya, program jamban sehat diseluruh desa, hingga kini terus direalisasikan.

Saat membuka Rapat Koordinasi Persiapan Verifikasi Lapangan Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat Gorontalo Utara tahun 2019, Selasa (10/9), Bupati mengatakan, selama ini banyak penghargaan yang diraih, semata-mata adalah hasil kerja tim dan kebersamaan yang baik antar OPD.

Kerja tim dan kekompakan dari setiap OPD terkait, telah membuktikan bisa memberikan hasil yang lebih baik. Keikutsertaan dalam Lomba Kabupaten/Kota Sehat (KKS) 2019, Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin, kembali meminta hal itu dilakukan oleh setiap OPD terkait.

“Belum lama ini Desa Tolinggula Tengah meraih prestasi membanggakan, Terbaik III Desa Teladan se-regional III,” kata Bupati dalam rapat di Ruang Pola.

Untuk penilaian kali ini Bupati juga berharap, prestasi tersebut terulang. Untuk mewujudkannya kata Bupati, antara lain dengan menciptakan kawasan anti tembakau yang nyaman, sehat masyarakatnya dan lingkungannya. Bupati juga mengingkatkan, untuk memperhatikan indikator sebagai desa teladan.

“Saat ini sudah 68 persen jamban sehat yang dibangun di seluruh desa, saya berharap tahun 2020 sebagai kabupaten yang Stop BABS,” imbuh Bupati.

Lebih lanjut Bupati juga menjelaskan, pembersihan tidak hanya fokus di lokasi, Kecamatan Anggrek dan Tolinggula. Disepanjang wilayah yang akan dilewati dan dinilai juga penting untuk dilakukan hal yang sama.

“Juga bahwa, pembenahan tidak hanya pada saat penilaian, tetapi bagaimana menciptakan lingkungan yang sehat bagi masyarakat secara berkelanjutan,” pungkas Bupati. (man/hmsfhr)