Luapan Air Sungai Dulukapa Ancam 40 Rumah & Jembatan Trans Gorontalo-Buol

Luapan Air Sungai Dulukapa Ancam 40 Rumah & Jembatan Trans Gorontalo-Buol

01/01/2020 14:02 0 By Maman

Pengikisan oleh luapan air sungai Dulakapa mengancam rumah warga di Desa Motihelumo Sumalata Timur dan jembatan yang menghubungkan Gorontalo-Buol. (Foto:Istimewa)

Hulondalo.id- 40 rumah warga di Desa Motihelumo Sumalata Timur terancam hanyut. Tak hanya itu, hujan yang mengguyur wilayah tersebut sejak tadi Rabu malam (1/1/2020), mengancam jembatan penghubung Gorontalo-Buol Sulteng.

Luapan air sungai Dulukapa diakui Kepala Desa Motihelumo Ismet Gobel, membuat warga resah. Air sungai tersebut mulai mengikis tanah dari rumah dan jembatan.

Dihubungi via telpon, Ismet juga mengatakan, jika ini tidak segera diseriusi, maka akan berakibat fatal ke beberapa rumah warga Dusun Iloheluma Desa Motihelumo.

“Sekitar 40 rumah warga yang terancam seandainya pengikisan terus terjadi,” ungkap Ismet.

Warga kata dia, kini meminta kepada Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara agar segera bertindak cepat dalam menangani persoalan pengikisan tersebut.

“Permintaan masyarakat, jangan dulu masukan program yang besar-besar dilokasi itu, tapi untuk mengantisipasi pengikisan melebar, alat berat bisa segera didatangkan, untuk normalisasi sungai tersebut,” tukasnya.

Tak hanya rumah warga, pengikisan ini mengancam keberadaan jembatan yang ada di perbatasan antara desa Dulukapa dan Motihelumo, yang juga menghubungkan Gorontalo dan Buol.

“Abutment jembatan panjang penghubung Tolinggula ke Kabupaten Gorontalo Utara, termasuk Buol juga terancam putus, karena adanya pengikisan oleh air sungai,” ujarnya.

Sebelumnya kata Ismet, sungai itu memang sudah dipasangi bronjong sejak tahun 2016, namun kini sudah rusak karena derasnya air sungai. (Prin)