Mahasiswa Gizi UBM Gorontalo Tambah Pengalaman via Program Magang Gizi Kesmas

Mahasiswa Gizi UBM Gorontalo Tambah Pengalaman via Program Magang Gizi Kesmas

19/03/2021 20:52 0 By Alex

UBM Gorontalo

Monitoring dan Evaluasi Magang Gizi Kesmas Mahasiswa S1 Gizi di Puskesmas Pilolodaa, Kota Barat, Kota Gorontalo

Hulondalo.id – Guna memastikan seluruh proses pelaksanaan magang mahasiswa berjalan sesuai dengan harapan, Ketua Program Studi Gizi Universitas Bina Mandiri (UBM) Gorontalo, dr Rita Aminiwarastuti M.Gizi bersama para dosen pembimbing melaksanakan Monitoring Evaluasi (Monev) untuk para mahasiswa peserta magang gizi Kesmas di Puskesmas Pilolodaa, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo, Rabu (17/3/2021).

Secara umum tujuan program magang adalah untuk memperoleh pengalaman, keterampilan, penyesuaian sikap dan penghayatan, pengetahuan di dunia kerja, serta melatih kemampuan bekerjasama dengan orang lain dalam satu tim sehingga diperoleh manfaat bersama baik bagi peserta magang maupun instansi tempat magang.

“Kami berharap agar para mahasiswa peserta magang memahami penerapan konsep manajemen program kesehatan masyarakat yang terstandar dalam upaya menyelesaikan permasalahan gizi dan kesehatan di masyarakat, melakukan analisis situasi, akar masalah, serta melakukan penyusunan prioritas masalah kesehatan masyarakat dalam merencanakan program kesehatan,” kata Rita usai kegiatan.

Tak hanya itu, Rita pun berharap agar para mahasiswa dapat mempelajari perencanaan program dan melakukan studi kelayakan dalam penanggulangan masalah gizi di tingkat puskesmas.

“Melakukan studi kasus pemberdayaan masyarakat dalam penanggulangan masalah gizi di Puskesmas. Membuat program pemberdayaan kesehatan masyarakat mandiri yang dikerjakan dalam kelompok,” tambahnya.

Magang merupakan suatu cara bagi mahasiswa untuk mempersiapkan dan menyesuaikan diri pada lingkungan kerja serta mengenal alur kerja, susunan organisasi, struktur organisasi di Puskesmas.(adv/rls/ais)