Mahasiswa Harus Jadi Teladan, Perangi Radikalisme, Terorisme, Korupsi & Narkoba

Mahasiswa Harus Jadi Teladan, Perangi Radikalisme, Terorisme, Korupsi & Narkoba

06/10/2021 18:28 0 By Maman

Warek UNG Karmila Webinar

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNG, Prof. Karmila Mahmud, M.A, Ph.D, saat membuka Webinar Pembinaan Karakter dan Nasionalisme. (foto:hms)

Hulondalo.id – Permasalahan paham radikalisme, terorisme, korupsi dan narkoba saat ini, masih menjadi permasalahan serius yang dihadapi negara. Butuh penanganan serius dan terintegrasi, melalui keterlibatan seluruh masyarakat khususnya mahasiswa sebagai generasi muda.

“Radikalisme, terorisme, korupsi dan narkoba adalah permasalahan yang ada disekitar kita. Para generasi muda khususnya mahasiswa sebagai kaum intelektual, harus bisa mengambil peran sebagai garda terdepan dalam memerangi masalah itu,” ungkap Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Negeri Gorontalo (UNG) Prof. Karmila Mahmud, M.A, Ph.D, saat membuka Webinar Pembinaan Karakter dan Nasionalisme.

Menurut Karmila, generasi muda terkadang menjadi subjek dan objek dari masalah radikalisme, terorisme, korupsi dan narkoba. Olehnya generasi muda khususnya mahasiswa, perlu diberikan pemahaman terkait penyebab maupun gejalanya sehingga dapat dilakukan pencegahan sejak dini.

“Webinar pembinaan karakter dan nasionalisme merupakan langkah yang baik, dalam memberikan penguatan kepada mahasiswa melalui pemberian pengetahun dan pemahaman secara intensif,” ujar Karmila.

Dengan baiknya karakter serta nasionalisme, maka tugas selanjutnya yang harus dilakukan oleh mahasiswa yakni menjadi role model atau teladan bagi keluarga dan masyarakat. Diantaranya dengan senantiasa menerapkan perilaku individu yang berkarakter kuat dan memiliki semangat nasionalisme.

“Berikan pemahaman bagi diri sendiri. Setelah itu jadilah teladan bagi masyarakat agar radikalisme, terorisme, korupsi dan narkoba dapat dilawan bersama dan saling bahu-membahu,” pungkas Karmila. (Inkri)