Mahkamah Agung Beri Penghargaan Pemkab Boalemo

Mahkamah Agung Beri Penghargaan Pemkab Boalemo

10/03/2021 00:31 0 By Yadin

Penghargaan dari Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia (Badilag MA RI) atas dukungan program isbat nikah terpadu untuk tahun anggaran 2021. (istimewa)

Hulondalo.id – Pemerintah Kabupaten Boalemo menerima penghargaan dari Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia (Badilag MA RI) atas dukungan program isbat nikah terpadu untuk tahun anggaran 2021.

Penghargaan itu diserahkan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Provinsi Gorontalo, Izzuddin, dan diterima langsung pelaksana tugas Bupati Boalemo, Anas Jusuf, Selasa (9/3/2021).

Atas nama pemerintah daerah, Anas Jusuf menyampaikan terima kasih kepada Badilag MA RI yang telah memberikan penghargaan.

“Tentunya penghargaan ini, merupakan suatu kebanggaan bagi pemerintah Boalemo yang telah sukses mendukung program isbat nikah. Karena, program ini untuk melegalkan pernikahan pasangan suami-istri, dimana secara agama sudah sah, namun dari sisi ketentuan hukum negara masih kurang,” ungkapnya.

Sehingga, kata Anas, pemerintah daerah bersama TAPD menyikapi program isbat ini atas persetujuan DPRD Kabupaten Boalemo untuk dianggarkan.

“Alhamdulillah, dengan adanya program ini banyak masyarakat yang terbantu untuk mendapatkan akta kelahiran,” terang Anas.

Sementara itu, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Provinsi Gorontalo, Izzudin, sangat mengapresiasi pemerintah Kabupaten Boalemo yang telah mendukung program isbat nikah di Boalemo.

“Dimana program ini salah satu terobosan bagi pemerintah daerah untuk membantu masyarakat pasangan suami istri yang belum mendapatkan legalitas, yang nantinya akan berpengaruh pada anak-anaknya untuk memperoleh akta kelahiran maupun hak lainnya,” jelasnya

Izzudin pun berharap dengan program ini sinergitas antara pemerintah daerah dengan Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung dan Pengadilan Agama Tinggi Provinsi Gorontalo akan terjalin dengan baik. (Mg-03/Adv)