Makan Daging Terlalu Banyak? 15 Makanan Ini Ampuh Turunkan Kolesterol

Makan Daging Terlalu Banyak? 15 Makanan Ini Ampuh Turunkan Kolesterol

02/08/2020 05:17 0 By Alex
makan daging berlebihan

warga yang sedang bakar sate daging sapi pada hari raya kurban. (F.dok fb/Istimewa)

Hulondalo.id – Hari raya Idul Adha 1441 Hijriah baru saja berlalu. Yap, pastinya anda sobat HL baru saja mengkonsumsi daging kurban, terutama daging sapi yang lezat itu ‘kan?

Sate, rendang, garo rica, sup kaldu, kaledo, bahkan kuah bugis akan familiar pada momen hari raya kurban.

Boleh, asal jangan kelepasan. Sebab, makan daging berlebihan juga bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Naiknya kadar kolesterol menjadi akibat yang paling umum dan paling utama saat kita makan daging secara berlebihan. Kolesterol dapat meningkatkan potensi penyakit jantung hingga stroke.

Selain kolesterol, bahaya makan daging berlebihan juga bisa menimbulkan masalah kesehatan lainnya, seperti peradangan dalam tubuh, meningkatkan resiko batu ginjal, obesitas, masalah pencernaan, dehidrasi, pusing dan sakit kepala hingga masalah bau mulut.

Olehnya, setelah makanan daging berlebihan ada baiknya mengkonsumsi makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Makanan-makanan ini juga dapat dengan mudah ditemukan di pasaran. Apa saja?

 

 

  1. Tomat

Tomat mengandung potasium sehat yang bisa menurunkan tekanan darah. Tomat juga mengandung vitamin A dan C yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Idah Syahidah

  1. Pisang

Pisang dapat membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh dan akan membuangnya melalui pencernaan. Pisang efektif dapat menurunkan kolesterol secara alami.

makan daging berlebihan

  1. Kentang

Kentang menyimpan sejumlah nutrisi yang penting untuk menurunkan tekanan gula darah dan mengurangi resiko penyakit stroke. Baiknya kentang direbus atau di panggang untuk dikonsumsi, jangan digoreng.

 

  1. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang kaya serat dan lemak jenuh yang dapat membantu menurunkan resiko penyakit stroke dan kardiovaskular lainnya.

 

  1. Terong

Terong ternyata juga bisa menurunkan proses meningkatnya kolesterol dengan adanya inflamasi kronis dan pembentukan plak. Kolesterol juga dapat meningkatkan asupan serat.

makan daging berlebihan

  1. Apel

Baiknya apel dikonsumsi dengan kulitnya untuk membantu menurunkan kadar kolesterol. Kulit apel mengandung phenolic yang ampuh menurunkan total kolesterol.

 

  1. Bayam

Cara kerja bayam untuk membantu menurunkan kolesterol yakni dengan meningkatkan produksi nitric oxide (NO) yang akan membantu membersihkan pembuluh darah dalam tubuh kita.

 

  1. Tuna & Salmon

Tuna yang mengandung asam lemak Omega-3 akan membantu menurunkan laju peningkatan plak dan level trigliserida yang menjadi faktor resiko pada penyakit jantung. Sama juga dengan Tuna, Salmon yang memiliki kandungan Omega-3 yang tinggi ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan juga bisa menurunkan kolesterol.

makan daging berlebihan

  1. Oat

Siapa sih yang tak kenal oat? Panganan yang satu ini memiliki serat beta-glucan yang membantu menurunkan kolesterol dengan mengeluarkannya dari dalam tubuh. Oat akan lebih efektif lagi jika dicampur dengan makanan penurun kolesterol lainnya seperti pisang.

 

  1. Mentimun

Mentimun cocok dikonsumsi untuk menekan dan mengendalikan gula darah akibat makan daging berlebihan. Makanya tak heran saat Idul Adha hidangan ala mentimun kerap disediakan mendampingi sajian daging.

 

  1. Bawang Putih

Selain menurunkan kadar gula darah tinggi, senyawa kuat yang terkandung dalam bawang putih juga ampuh menurunkan kadar kolesterol tinggi.

makan daging berlebihan

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung banyak nutrisi dan mengandung lemak yang aman bagi tubuh. Panganan jenis ini dapat menurunkan resiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan kolesterol jahat.

makan daging berlebihan

  1. Madu

Madu dapat meluruhkan kolesterol dalam tubuh dan efektif menurunkan resiko penyakit jantung dan penyakit pembuluh darah perifer.

 

  1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun berisi asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh tanpa menurunkan kadar kolesterol baik.

 

  1. Teh Hijau

Selain kaya akan kandungan antioksidan, minum teh hijau juga ampuh menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.(Narto/berbagai sumber)