Makin Tulus Rusli Berbuat, Kian Deras Pula Rusli Dicibir

Makin Tulus Rusli Berbuat, Kian Deras Pula Rusli Dicibir

13/07/2020 23:55 0 By Alex
Gubernur Gorontalo

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengaku senang saat mendapati mayoritas warga di wilayah pedalaman Kecamatan Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango yang mengedepankan protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker dan menyediakan tempat cuci tangan.

Hulondalo.id – Semakin tinggi pohon menjulang, makin kencang pula angin menghempasnya. Mungkin peribahasa itulah yang patut disematkan kepada Gubernur Gorontalo Rusli Habibie. Bagaimana tidak, makin tulus dia berbuat untuk rakyatnya, semakin deras pula Rusli dicibir.

Yang terbaru, saat kunjungan Gubernur Gorontalo ke wilayah Bone Bolango untuk menyalurkan bantuan pangan bersubsidi pada akhir pekan, baru-baru ini. Saat itu, Rusli kembali menggandeng komunitas Jeep IOF untuk menyalurkan bantuan di wilayah pedalaman.

Namun yang paling penting, bukan soal penyaluran bantuan atau sekedar menyalurkan hobi offroad saja. Suami Idah Syahidah itu ingin sekali melihat dari dekat bagaimana kondisi warga yang berada di wilayah pedalaman dalam menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Saya salut sekali dengan pak Gubernur. Kebetulan saya ikut waktu itu. Itu hari libur, cuacanya ekstrim. Tapi beliau semangat sekali. Padahal kalau mau, kunjungan itu bisa saja ditunda,” ujar anggota pengurus IOF, Deno Djarai, Senin (13/7/2020).

Senada juga diungkapkan pengurus IOF lainnya, Wahyu Katili. Menurut Wahyu, sejatinya agenda ke Desa Lonuo, Kecamatan Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo itu sudah diagendakan jauh-jauh hari sebelumnya.

Namun karena ada beberapa daerah yang dilanda musibah banjir, maka Gubernur Gorontalo menunda agenda tersebut dengan memprioritaskan penanganan banjir terlebih dahulu.

Ditambahkan Wahyu, menuju ke Desa Lonuo tidaklah mudah. Padahal, sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk menyalurkan bantuan pangan kepada warganya akibat pandemi virus corona. Medan yang berat dan terjal memang harus menunggangi mobil berkekuatan besar sejenis 4x4WD.

Menurutnya, tak banyak pemimpin yang memiliki talenta seperti yang ditunjukkan Gubernur Gorontalo. Rusli, sambung Wahyu, mengendarai sendiri mobil hardtop-nya di medan yang berat dan terjal, yang bisa saja mengancam keselamatannya.

“Saat menuju Desa Lonuo (Kecamatan Tilongkabila, Bone Bolango), ada salah satu rombongan kita terjun di tebing yang tinggi, sekitar 30 Meter. Patah kaki, tapi sekarang kondisinya sudah membaik,” terang Wahyu.

Perjuangan melewati jalan terjal itu seakan terbayar lunas ketika rombongan IOF disambut sumringah warga setempat. Namun yang tak kalah senang adalah Gubernur Gorontalo yang mendapati mayoritas warga di wilayah pedalaman Tilongkabila itu berbalut masker. Bahkan tiap rumah pun menyediakan tempat cuci tangan, lengkap dengan sabun.

“Masyarakat yang ada di pelosok Desa Lonuo memiliki kesadaran yang tinggi terhadap protokol kesehatan dibanding dengan daerah lain. Buktinya mereka di sana rajin menggunakan masker,” kata Wahyu.

Menyinggung soal cibiran orang kepada Rusli Habibie, bilang Wahyu, adalah salah besar. Apalagi kalau disebut sebagai pencitraan bagi pemimpin yang sudah 2 periode menjabat.(adv/Alex)