Makna Kemerdekaan Bagi KNPI Gorontalo

Makna Kemerdekaan Bagi KNPI Gorontalo

17/08/2019 12:25 0 By Syakir

Ketua KNPI Provinsi Gorontalo Ghalieb Lahidjun, mencium tangan salah seorang veteran, disela sela peringatan HUT Proklamasi RI ke 74 di halaman Rumah Jabata Gubernur Gorontalo, Sabtu (17/8/2019).

Hulondalo.id – Sejak dulu pemuda adalah motor penggerak perjuangan. Ratusan bahkan ribuan pemuda, rela menggadaikan nyawa mereka demi udara kemerdekaan yang kita hirup saat ini, kata Ghalieb Lahidjun Ketua KNPI Provinsi Gorontalo memaknai hari kemerdekaan Indonesia ke 74.

Kepada Hulondalo.id, Ghalib mengatakan, warisan kemerdekaan yang diperjuangkan para pendahulu, wajib kita rawat dan dijaga.

“Gorontalo adalah salah satu daerah di Indonesia, yang punya cerita sendiri dalam memperjuangkan kedaulatan merah putih. di tanah ini, para penjajah diusir oleh para pejuang hingga lebih dulu memproklamirkan diri sebagai daerah yang merdeka,” ujar Ghalieb, disela sela peringatan HUT Proklamasi RI ke 74, di halaman Rumah Jabatan Gubernur Gorontalo, Sabtu (17/8/2019).

Era kemerdekaan saat ini lanjut Ghalieb, para pemuda tak perlu angkat senjata namun diganti dengan perjuangan gagasan, demi kemajuan daerah dan bangsa.

Sementara itu dari pantauan hulondalo.id, kendari di Gorontalo juga ada dualisme kepengurusan KNPI, namun pada peringatan HUT Proklamasi RI di Rudis Gubernur Gorontalo, yang nampak hanya KNPI kepengurusan Ghalieb Lahidjun.

Dan konon yang diundang memang hanya KNPI kepengurusan Ghalieb. Ada yang mengatakan, ini mungkin sebagai bentuk pengakuan pemerintah soal kepengurusan yang sah.

Ghalieb sendiri enggan menanggapi soal dualisme. Secara normatif Ghalieb mengaku, jika sesuai konstitusi maka hanya satu KNPI yang sah.

“Saya menghimbau ayo sudah dualisme, tak perlu terus berdebat soal perebutan kekuasaan. Pemuda saat ini harus getol berdebat soal ide dan gagasan yang muaranya dipersembahkan bagi NKRI,” imbuhnya. (**)