Maksimalkan Rumah Pintar Pemilu KPU Tolitoli, Sulaiman: Beri Informasi juga Edukasi

Maksimalkan Rumah Pintar Pemilu KPU Tolitoli, Sulaiman: Beri Informasi juga Edukasi

14/10/2019 11:29 1 By Maman

KPU Tolitoli menggelar Fasilitasi Audiensi Rumah Pintar Pemilu dengan mengundang berbagai kalangan di Tolitoli. (andis)

Hulondalo.id- Keberadaan Rumah Pintar Pemilu (RPP) KPU Tolitoli, terus dimaksimalkan. Ini dalam rangka memberikan berbagai informasi yang berkaitan dengan pelaksanaan Pemilu kepada masyarakat, termasuk pelaksanaan Pilkada Tolitoli 2020 mendatang.

Ketua KPU Tolitoli Sulaiman Padjalani mengatakan, jelang pelaksanaan Pilkada Serentak tahun 2020 mendatang, berbagai persiapan terus dilakukan, salah satunya audiensi terkait keberadaan RPP.

RPP kata Sulaiman, didirikan untuk membantu masyarakat mendapatkan informasi tentang persiapan dan hasil pemilu sebelum atau sesudah diadakannya pemilihan umum. Siapa saja kata dia, bisa mengakses informasi tersebut, dengan berkunjung ke RPP.

“Berbagai sarana informasi dan ketentuan, serta aturan perundang-undangan yang berkaitan dengan pemilu, hingga tata cara pemilu semua ada di RPP,” kata Sulaiman di Warkop Buya Panasakan baru-baru ini.

Secara tidak langsung pula kata dia, RPP dapat mengedukasi pengunjung yang datang. Pengunjung dapat mengetahui lebih jelas tata cara dan aturan pemilu.

Audiensi dengan tema, “Pemilu yang transparan dan mandiri dalam meningkatkan partisipasi pemilih” ini, mendengarkan penyampaian bahkan kritikan dari undangan, antara lain mahasiswa.

Saat itu, kritikan dari mahasiswa terkait belum adanya website RPP. Website ini dipandang sangat penting memberikan informasi dan edukasi bagi masyarakat, khususnya di desa. Selain kritikan, salah seorang perwakilan pelajar juga menanyakan, kriteria untuk memilih pemimpin yang tepat.

Sulaiman menanggapi bahwa, kriteria pemimpin yang tepat untuk dipilih, dikembalikan ke pribadi masing-masing, dengan melihat visi dan misi dari seorang calon pemimpin, pendidikan dan lainnya yang dianggap perlu.

Terhadap kritikan mahasiswa, Sulaiman mengakui bahwa, kehadiran RPP memang belum banyak memberikan konstribusi yang begitu besar.

“Kami di KPU menyadari akan hal ini,” ungkap Sulaiman dalam acara yang juga dihadiri seluruh Komisioner KPU Tolitoli, Plt. Sekretaris KPU Tolitoli, perwakilan partai, LSM, Ormas, OKP, perwakilan BEM, OSIS dan seluruh relawan demokrasi relasi KPU Tolitoli.

Sementara itu, untuk mensukseskan pelaksanaan Pilkada Tolitoli 2020, KPU kata Sulaiman, kini sementara mempersiapkan sejumlah agenda dan tahapan. Mulai dari sosialisasi, rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

“Persiapan juga kami lakukan untuk penerimaan pendaftaran calon kepala daerah dan wakil kepala daerah, serta penyusunan daftar pemilih sementara dan daftar pemilihan tetap hingga voting day,” ujarnya.

Sulaiman berharap, evaluasi RPP ini dapat memberikan pemahaman dan sarana informasi yang akurat kepada publik termasuk mahasiswa, pelajar, yang kemudian bisa meneruskan informasi pemilu kepada masyarakat. (andis/adv)