Malam Qunut, Warga Serbu Pasar Payunga Batudaa

Malam Qunut, Warga Serbu Pasar Payunga Batudaa

27/04/2021 23:02 0 By Syakir

Tradisi Malam Qunut di Pasar Payunga, Batudaa, Kabupaten Gorontalo

Hulondalo.id – Sudah menjadi tradisi, jika memasuki malam ke 15 bulan Ramadhan atau lebih dikenal malam Qunut. warga akan berbondong bondong memadati Pasar Payunga, Batudaa Kabupaten Gorontalo, untuk berbelanja buah buahan yang didominasi pisang dan kacang.

Mulai dari pisang, kacang, buah-buahan, serta kebutuhan lainnya dijajakan di pasar itu. Kacang dijual dengan harga mulai Rp5 ribu hingga 15 ribu per liternya, sedangkan pisang di jual Rp 15 ribu.

Pantauan Hulondalo.id masyarakat mulai memadati pasar Payunga sejak pukul 18.00 wita. Mulai dari anak-anak hingga dewasa ikut ambil bagian dalam tradisi malam Qunut.

Mereka (masyarakat) datang ke pasar itu tak hanya berbelanja yang dijajakan penjual tetapi ada juga hanya sekedar datang berkunjung saja.

Salah satu pengunjung Alan Ferdinan Ambo mengatakan, dirinya sengaja datang di tradisi malam Qunut untuk melihat secara langsung tradisi tahunan itu.

“Saya asal Gorontalo tapi, nanti kali ini datang kesini untuk melihat secara langsung tradisi malam Qunut. Yang mana disini pejualnya banyak menjual kacang dan pisang,” kata pria asal Padebuolo, Kota Gorontalo, Rabu (27/04/20202). (opin)