Marah-marah di Gorontalo, Mensos Bikin Tersinggung Saja

Marah-marah di Gorontalo, Mensos Bikin Tersinggung Saja

01/10/2021 23:53 0 By Syakir

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie

Hulondalo.id – Kedatangan Menteri Sosial Tri Rismaharini ke Provinsi Gorontalo, meninggalkan kesan tak sedap. Betapa tidak, aksi Risma yang menunjuk nunjuk dada seorang pendamping PKH saat rapat pemadanan data, dinilai tak pantas. Gubernur Gorontalo Rusli Habibie pun angkat bicara.

“Saya saat melihat video itu sangat prihatin. Saya tidak memprediksi seorang ibu menteri, memperlakukan seperti itu. Contoh yang tidak baik,” ucap Gubernur Rusli Habibie, kepada awak media, di Hotel Maqna, Jumat (1/10/2021).

Rusli pun mengingatkan mantan Walikota Surabaya itu untuk menjaga sikap, apalagi saat berkunjung ke kampung orang. Baginya, pangkat dan jabatan itu harus dijaga, dan akan tidak berarti saat pangkat dan jabatan itu ditanggalkan.

“Kalaupun toh dia (pendamping PKH) salah, ya dikoreksi, di depan umum lagi,” imbuhya.

Rusli mengaku tidak mendampingi Mensos dalam kegiatan pemadanan data bersama pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, karena di waktu bersamaan dirinya harus mendampingi Menko Perekonomian Airlangga Hartarto di Kabupaten Boalemo.

Informasi yang diterimanya, pemicu kemarahan Mensos Risma saat salah seorang pendamping PKH menjelaskan ada warganya yang terdata tapi saldonya kini tidak pernah lagi terisi, karena sudah dicoret.

“Boleh emosi tapi jangan seperti itu dong. Itu pegawai saya meskipun dia pegawai rendahan tapi manusia juga. Saya alumni STKS, tahun 80-an sudah kenal menteri Nani Soedarsono, para Dirjen tapi tidak ada yang sikapnya begitu. Saya tersinggung, saya enggak terima,” ungkap Rusli.

Terkait ini, Gubernur Rusli tidak akan tinggal diam. Dirinya akan meminta Presiden Joko Widodo untuk mengevaluasi sikap Menteri Risma, dan memberikan peringatan atas sikapnya itu. (**)