Marten Keluarkan Surat Edaran Idul Adha 1442 Hijriah, Ini Isinya

Marten Keluarkan Surat Edaran Idul Adha 1442 Hijriah, Ini Isinya

15/07/2021 21:47 0 By Maman

Edaran Idul Adha 2021 Kota Gorontalo

Surat Edaran diterbitkan Pemkot Gorontalo sebagai panduan dalam perayaan Idul Adha 2021 di Kota Gorontalo. (foto:hms)

Hulondalo.id – Surat edaran diterbitkan Walikota Gorontalo, Marten Taha sebagai panduan untuk pelaksanaan malam takbiran, sholat Idul Adha, dan penyembelihan hewan kurban tahun 1442 Hijriah/2021 Masehi.

Surat edaran yang diterbitkan Kamis, (15/7/2021) ini, memberikan panduan beribadah sesuai syariat Islam, sekaligus upaya mengurangi penyebaran dan melindungi umat Islam di Kota Gorontalo dari resiko Covid-19.

“Ini sebagai pedoman pelaksanaan hari raya Idul Adha dengan memperhatikan unsur keselamatan dan wabah Covid-19,” ungkapnya.

Pelaksanaan malam takbiran kta Walikota, tahun ini ditiadakan baik dengan jalan kaki atau dengan kendaraan. Takbiran kata dia, dilakukan di masjid masing-masing.

Wilayah yang berstatus zona merah kata Walikota, ditegaskan dalam edaran ini, tak dibolehkan melakukan sholat di masjid atau lapangan. Warga diminta melakukan sholat di rumah masing-masing bersama keluarga.

“Untuk zona hijau dan kuning, dibolehkan sholat di masjid dan lapangan, tetapi mematuhi protokol kesehatan yang ketat,” kata Walikota.

Protokol kesehatan seperti, menyiapkan petugas untuk mengawasi penerapan protokol kesehatan, membersihkan dengan disinfektan lokasi ibadah, menyediakan fasilitas cuci tangan, sabun dan handsanitizer serta menjaga jarak antar jamaah.

“Takmirul masjid dan panitia pelaksana sholat Idul Adha bertanggungjawab dari awal hingga akhir, untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat selama melakukan ibadah,” tegas Walikota.

Untuk penyembelihan hewan kurban dilaksanakan secara syariat Islam, selama 3 hari dengan menghindari kerumunan dan menerapkan protokol kesehatan. Untuk distribusi hewan kurban dilakukan oleh petugas dengan mengantar langsung ke rumah masing-masing. (Inkri/Adv)