Marten Taha Ajak Walikota se-Indonesia Kurangi Konsumsi Plastik Sekali Pakai

Marten Taha Ajak Walikota se-Indonesia Kurangi Konsumsi Plastik Sekali Pakai

23/04/2021 18:54 0 By Syakir

Hulondalo.id – Wakil Ketua Umum I Apeksi yang juga Walikota Gorontalo Marten Taha mengajak Pemerintah Kota se-Indonesia untuk melakukan percepatan pencapaian target pengurangan konsumsi plastik sekali pakai.

“Melalui penguatan program implementasi dikawasan pasar Tradisional diseluruh perkotaan di Indonesia,” ungkap Marten, saat memberikan sambutan pada Workshop Apeksi, Jumat (23/4/2021).

Didalam berkembang saat Workshop, Marten mengatakan, disamping itu terjadi peningkatan kualitas pemantauan efektivitas peraturan pembatasan Plastik sekali pakai melalui skema monitoring dan evaluasi berbasis data.

Disampaikan Marten, kerjasama melalui penyelenggaraan workshop ini juga merupakan bentuk pendampingan dalam mendukung Pemerintah Daerah dalam memiliki sistem terpadu yang dapat mendukung pengurangan sampah plastik sekali pakai.

“Pasar modern memang sudah diatur dalam pengelolaannya, namun pasar Tradisional ini yang sulit tersebar di seluruh wilayah, termasuk Kota Gorontalo adalah mayoritas pasar tradisional,” jelas Marten.

“Sehingga, saya belum mengeluarkan regulasi, dan sudah di sampaikan oleh pembicara, 28 Kota se-Indonesia pembatasan penggunaan kantong plastik sekali pakai,” imbuhnya.

Diharapkan Walikota Gorontalo 2 periode itu, semoga workshop berjalan lancar dan menghasilkan masukkan, pemahaman serta Rekomendasi yang bermanfaat dalam upaya perwujudan program pasar bebas plastik, tutupnya. (Inkri)