Marten Taha: Baiknya Pengelolaan Keuangan Daerah, Tergantung Perencanaan dan Pelaksanaan 

Marten Taha: Baiknya Pengelolaan Keuangan Daerah, Tergantung Perencanaan dan Pelaksanaan 

06/04/2021 18:21 0 By Syakir

Walikota Gorontalo Marten Taha dalam kegiatan Bimtek Dinas Pendidikan, Selasa (6/4/2021).

Hulondalo.id – Walikota Gorontalo Marten Taha mengapresiasi Kepala Dinas Pendidikan Kota Gorontalo, yang menurutnya sadar betul bahwa tanggungjawabnya tak sekedar soal organisasi, tapi luas luas sampai jenjang sekolah dasar dan sekolah menengah pertama.

Selain itu, Marten mengatakan, OPD ini memiliki anggaran yang cukup besar dibandingkan OPD lainnya, sehingga sangat penting melaksanakan Bimbingan teknis (Bimtek) pengelolaan keuangan guna untuk meningkatkan kinerja pengelolaan keuangan khususnya pada penerapan Permendagri No.77 tahun 2020.

“Saya sadar, bahwa kinerja pengelolaan keuangan suatu OPD, ataupun daerah ditentukan dari baik tidaknya administrasi perencanaan, pengelolaan/pelaksanaan, pelaporan dan pertanggungjawaban keuangan OPD/Daerah itu sendiri,” ungkap, Selasa (6/4/2021).

Dijelaskan Marten, kegiatan ini juga selain tatap muka, juga di laksanakan secara Virtual dihadiri seluruh pengelola keuangan di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Gorontalo.

Karena materi yang dipaparkan oleh Kemendagri bukan hanya tentang Permendagri No.77 tahun 2020 tentang pengelolaan keuangan daerah, namun terkait Permendagri No. 24 tahun 2020 tentang pengelolaan Dana BOS.

Termasuk membahas soal Permendikbud No. 6 tahun 2021 tentang bantuan operasional sekolah Reguler dan juga penjelasan terkait Aplikasi Sistem Informasi Pengelolaan Bantuan operasional Sekolah (SIP BOS), yang nantinya terintegrasi dengan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD).

“Jadi mau tidak mau, kedepannya harus terpusat sampai ke Kemendagri di Jakarta,” tegas Marten. (mg-01)