Marten Taha Bakal Percantik Talumolo Jadi Santorini 

Marten Taha Bakal Percantik Talumolo Jadi Santorini 

10/07/2021 21:25 0 By Syakir

Walikota Gorontalo Marten Taha

Hulondalo.id – Walikota Gorontalo Marten Taha mengatakan, kedepan Kelurahan Talumolo akan ditata menjadi kawasan rindang dan indah (Santorini) di Kota Gorontalo.

Ini juga, kata Walikota sebagai salah satu prioritas pembangunan diperiode keduanya bersama Wakil Walikota Ryan F. Kono yakni tersedianya infrastruktur yang handal di semua sektor publik termasuk di kawasan-kawasan pemukiman di Kota Gorontalo.

“Ini berdasarkan hasil identifikasi terhadap infrastruktur pemukiman yang kemudian ditetapkan dalam SK kumuh Nomor 341/23/XII/2020 terdapat 18 kelurahan kumuh di Kota Gorontalo dan kelurahan Talumolo adalah yang terbesar yakni seluas 30,81 hektar dari total luasan kumuh 206,77 Hektar. Nah, ini berarti kawasan-kawasan tersebut perlu dilakukan pembenahan terhadap inflastruktur dan sarana prasarana pemukimannya,” ungkap Walikota, Sabtu (10/7/2021) dihadapan masyarakat.

Lebih lanjut, dituturkan Marten, khusus untuk rencana penataan kawasan Talumolo rindang dan indah (Santorini) yang merupakan kawasan kumuh terluas di Kota Gorontalo penanganannya meliputi penataan bantaran sungai dengan masukan unsur-unsur wisata air dan kuliner, serta penataan disekitaran lokasi bantaran baik itu rumah, jalan, drainase dan sanitasi.

“Selaku pemerintah Kota Gorontalo, agar sosialisasi ini kita dapat menyatukan pemahaman bersama masyarakat setempat terhadap pentingnya upaya penataan kawasan ini bagi pembangunan Kota, perbaikan wajah kawasan demi peningkatan taraf ekonomi masyarakat,” ucapnya.

Ia menambahkan, semua program yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Gorontalo semata-mata diarahkan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Sehingga, untuk setiap warga yang terdampak pemerintah telah memikirkan solusi terbaik dan harapannya akan meningkatkan kualitas kehidupan khususnya bagi masyarakat Santorini.

“Kegiatan penataan kawasan seperti ini akan terus digulirkan pada kawasan lainnya. Agar, seluruh wilayah pemukiman di Kota Gorontalo kondisinya lebih tertata dan lebih menarik sebagai tempat hunian bersama,” tandas Walikota 2 periode itu. (Inkri/Adv)