Marten Taha Fokus Benahi Infrastruktur yang Rusak Akibat Banjir

Marten Taha Fokus Benahi Infrastruktur yang Rusak Akibat Banjir

21/06/2020 22:38 0 By Jeffry

Walikota Gorontalo Marten Taha saat mengikuti dialog interaktif penanganan banjir di salah satu stasiun radio pelat merah. (F.Humas)

Hulondalo.id – Walikota Gorontalo Marten Taha mulai fokus melakukan pembenahan infrastruktur pasca kondisi di sebagian wilayah terdampak banjir mulai berangsur normal.

“Setelah penanganan korban banjir dan pembersihan material lumpur dan sampah, selanjutnya kita akan fokus pada perbaikan infrastruktur yang rusak akibat banjir bandang,” kata Walikota Gorontalo Marten Taha saat mengisi acara dialog interaktif penanganan banjir, melalui siaran Radio RRI Gorontalo, Sabtu (20/6/2020).

Lebih lanjut Marten mengatakan, ketersediaan infrastruktur merupakan faktor penting dalam upaya mitigasi mengurangi resiko dampak bencana.

“Seperti infrastruktur tanggul, ini sarana prasarana penunjang yang paling berguna ketika terjadi luapan air sungai,” terang Marten.

Dirinya prihatin, apabila tanggul tersebut tidak segera diperbaiki akan berdampak pada warga yang tinggal di bantaran sungai bone.

Selain tanggul, pemerintah kota Gorontalo juga telah memasukkan sejumlah jalan yang rusak akibat banjir bandang itu dalam program prioritas.

Dari data yang diperoleh dari dinas PUPR, terdapat dua tanggul yang mengalami kerusakan pasca bencana tersebut. Yaitu tanggul bantaran sungai bone dan Tamalate, dengan masing – masing panjang mencapai 4,38 KM dan 6,16 KM. Adapun perbaikan tanggul itu, diperkirakan menyerap anggaran hingga milyaran rupiah.(Jeff/Adv)