Marten Taha, Pemimpin Bukan Sembarang Pemimpin

Marten Taha, Pemimpin Bukan Sembarang Pemimpin

15/10/2021 08:55 0 By Maman

Walikota Marten Agenda APEKSI

Walikota Gorontalo, Marten Taha dalam salah satu agenda APEKSI. (foto:hms)

Hulondalo.id – Ditingkat lokal, Marten Taha, Wali Kota Gorontalo dua periode, hanya memimpin satu kota. Ditingkat nasional, Marten adalah pemimpin bukan sembarang pemimpin. Memimpin lebih dari 90 Wali Kota di tanah air dalam agenda resmi APEKSI.

Memimpin rapat penting dan agenda sidang pemilihan pengurus baru di tingkat nasional, khususnya di lingkungan organisasi APEKSI, bukan kali pertama dilakukan Marten Taha. Meski hanya menjabat sebagai Wakil Ketua I atau Wakil Ketua Umum Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah DPP APEKSI, Marten Taha sangat diperhitungkan dan beberapa kali ditunjuk sebagai pimpinan sidang juga rapat penting APEKSI.

Seperti agenda penting yakni Rapat Kerja Teknis (Rakernis) APEKSI di Yogyakarta, Kamis (14/10/2021). Hanya 20 menit memimpin rapat, forum resmi yang Ia kendalikan itu melahirkan 7 rekomendasi, menjawab 7 tantangan Indonesia mengatasi permasalahan Smart City.

Orang lokal kelas Nasional. Kalimat ini sangat tepat ditujukan kepadanya. Marten tak hanya sering tampil dan memimpin forum resmi di tingkat lokal dan regional serta internal APEKSI saja.

Akan tetapi, dalam kegiatan penting seperti, pertemuan dengan Presiden RI, Joko Widodo di Istana Negara, sosok Marten Taha sering tampil sebagai “Penyerang sekaligus Pengatur Serangan”, jika diibaratkan dalam permainan sepak bola.

Kecerdasan intelektual yang dimiliki Marten, membuatnya sering tampil terdepan bersama jajaran Wali Kota yang masuk dalam struktur pimpinan di APEKSI. Namanya sempat dicatat Presiden RI Joko Widodo, saat bersama jajaran pengurus pusat APEKSI bertemu orang nomor satu di Indonesia itu bulan Februari lalu di Istana Negara.

Bahkan kehadirannya disambut baik Presiden Joko Widodo, dengan sebutan Wali Kota berprestasi.

“Wah. Ini Wali Kota berprestasi,” ucap Presiden. (Inkri)