Masih Pakai Kartu ATM Gesek? Cepat Ditukarkan karena Mau Diblokir Bank

Masih Pakai Kartu ATM Gesek? Cepat Ditukarkan karena Mau Diblokir Bank

26/03/2021 05:15 0 By Alex

Kartu ATM Chip

Ilustrasi beberapa kartu ATM magnetic stripe yang akan segera diblokir pihak bank./Foto Istimewa

Hulondalo.id – Bagi nasabah bank yang masih memegang kartu debit gesek, alias kartu ATM dengan teknologi magnetic stripe, diharapkan segera menukarkannya dengan kartu ATM baru, yang sudah menggunakan teknologi chip.

Pasalnya, kartu ATM gesek itu akan segera diblokir oleh sejumlah bank dalam rangka keamanan dan kenyamanan para nasabah dalam bertransaksi melalui kartu debit.

Penggantian kartu ATM ini sejalan dengan Surat Edaran Bank Indonesia No.17/52/DKSP tertanggal 30 Desember 2015 terkait Implementasi Standar Nasional Teknologi Chip untuk Kartu ATM dan/atau Kartu Debet.

Dalam penukarannya kartu ATM baru ini, para nasabah akan dibebaskan dari biaya oleh pihak bank alias gratis.

Adapun masa berlaku kartu ATM magnetic stripe atau ATM lama pun berbeda-beda dari tiap bank. Berikut ini informasinya yang dirangkum dari berbagai sumber.

BRI

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menargetkan migrasi kartu ATM magnetic stripe menjadi kartu ATM berbasis chip tercapai 100% pada September 2021. Hingga Februari 2021, migrasi kartu ATM berbasis chip BRI sudah mencapai 82%.

BNI

BNI memberikan batas waktu penggantian kartu ATM magnetic stripe baik yang masa berlakunya sudah berakhir atau yang akan jatuh tempo diharuskan untuk segera melakukan penggantian kartu ATM berbasis chip paling lambat 30 April 2021. Jika sampai batas waktu tersebut belum dilakukan penggantian, maka BNI akan langsung menonaktifkannya.

Mandiri

Bank Mandiri akan menerapkan pemblokiran kartu ATM magnetic stripe secara bertahap. Pemblokiran akan dilakukan dalam 3 tahap. Tahap pertama, pemblokiran dimulai pada tanggal 1 April 2021 untuk kartu ATM magnetic stripe untuk masa kedaluwarsa 2021-2022. Tahap kedua, dimulai tanggal 1 Juni 2021 untuk masa kedaluwarsa 2023-2025. Dan tahap ketiga, dimulai tanggal 1 Juli 2021 untuk kartu masa kedaluwarsa 2026-ke atas.

BCA

PT Bank Central Asia Tbk atau BCA memberi batas waktu para nasabahnya untuk mengganti dengan ATM berbasis chip sebelum tanggal 31 Desember 2021.(alex)