Masker Bekas Jangan Dibuang Sembarangan, Begini Penjelasan IDI Gorontalo

Masker Bekas Jangan Dibuang Sembarangan, Begini Penjelasan IDI Gorontalo

20/10/2020 21:14 0 By Alex

IDI Kabupaten Gorontalo

Ketua IDI Kabupaten Gorontalo, Irawan Huntoyungo.

Hulondalo.id – Di era pandemi Covid-19, masker merupakan satu hal wajib. Namun, masih banyak masyarakat yang belum memahami betapa pentingnya mengelola sampah masker atau masker bekas.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Gorontalo, Irawan Huntoyungo mengatakan, masker bekas baik itu masker medis maupun masker kain, sejatinya tidak boleh dibuang sembarangan sesuai petunjuk kesehatan.

Harusnya, masker bekas yang hendak dibuang sebaiknya dilakukan sterilisasi terlebih dahulu sebelum benar-benar dibuang ke tempat sampah. Jika tidak, masker bekas tadi justru dapat berpotensi menyebarkan virus.

“Kebanyakan masyarakat membuang sampah masker begitu saja. Apalagi itu masker sekali pakai. Meskipun itu bukan tergolong limbah yang berbahaya. Tapi membuang masker tidak sesuai aturan akan berdampak pada penyebaran virus,” terang Irawan, Selasa (20/10/2020).

Adapun cara sterilisasi masker bekas, adalah dengan menggunting dengan potongan-potongan kecil atau dengan cara dirobek-robek.

Hal itu untuk mencegah masker agar tidak dipungut atau digunakan kembali, atau bahkan diperjualbelikan mengingat kebutuhan masker yang tinggi di masa pandemi.

“Dengan mematuhi tata cara membuang masker dengan benar maka tak hanya akan menekan penyebaran virus, tapi juga mengurangi limbah sampah masker di jalanan,” jelas dokter spesialis Ortopedi itu.

Olehnya mewakili IDI Gorontalo, khususnya di Kabupaten Gorontalo, Irawan menghimbau kepada masyarakat agar membuang masker bekas dengan cara yang benar sesuai petunjuk kesehatan sehingga tidak menyebabkan penyebaran virus lebih lanjut.

“Di masker bekas itu terdapat banyak bakteri,” tandas dia.(Opin)