Masuk Pasar Tanpa Masker, Langsung Swab Test

Masuk Pasar Tanpa Masker, Langsung Swab Test

04/08/2021 15:06 0 By Syakir

Abai protokol kesehatan masih jadi pemandangan umum di pasar pasar tradisional Kota Gorontalo.

Hulondalo.id – Meski pasar tradisional, tapi masuknya tidak bisa sembarangan. Untuk memastikan pedagang dan pengunjung patuh protokol kesehatan, pasar tradisional di Kota Gorontalo didirikan posko covid-19.

Nah, di posko itu tidak hanya melakukan sosialisasi, tapi sekaligus dengan penindakan. Setiap pengunjung atau pedagang yang tidak menggunakan masker, oleh petugas mereka tidak akan diusir, melainkan langsung menjalani swab antigen. Jika negatif akan diberi masker, jika positif akan lanjut PCR test dan diisolasi.

Tak hanya tegas menerapkan protokol kesehatan, namun di posko itu juga masyarakat bisa mendapatkan layanan vaksinasi gratis.

“Saya lihat masyarakat sudah tertib di pasar Rabu ini. Pemkot Gorontalo juga sudah menyiapkan tempat untuk swab antigen dan vaksinasi,” kata Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, saat meninjau di pasar Rabu Kecamatan Sipatana, Kota Gorontal, Rabu (4/8/2021).

Walikota Gorontalo Marten Taha menjelaskan, lewat kegiatan pengendalian terpadu seperti posko di pasar tradisional, masyarakat akan teredukasi dan patuh dalam penerapan protokol kesehatan.
teredukasi, sehingga penerapan protokol kesehatan akan menjadi kebiasaan bagi masyarakat.

“Di pasar tradisional orang-orang pasti berkerumun dan lapak-lapak berdekatan, oleh karena itu kita kerahkan seluruh kekuatan mulai dari TNI, Polri, tenaga kesehatan, dan Satpol PP. Kita swab penjual dan pembeli yang tidak menggunakan masker dengan harapan ini akan menjadi kebiasaan dan ke depan tidak perlu lagi diawasi,” tandas Marten. (alex)