Masuk Urusan Wajib Dasar, Sekda: Anggaran LHK Lebih Diperhatikan

Masuk Urusan Wajib Dasar, Sekda: Anggaran LHK Lebih Diperhatikan

09/04/2021 15:51 0 By Maman

Forum OPD Lingkungan Hidup

Sekda Goronrtalo Utara, Ridwan Yasin saat mengikuti Forum OPD Bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan se Provinsi Gorontalo. (foto:hms)

Hulondalo.id – Sektor Lingkungan Hidup dan Kehutanan diminta Sekda Gorontalo Utara, Ridwan Yasin agar lebih diperhatikan. Apalagi kata dia, sektor ini termasuk dalam urusan wajib dasar.

“Sesuai penyampaian Kadis, sektor ini merupakan urusan wajib dasar setelah pendidikan dan kesehatan, tapi anggarannya nomor sekian,” ujar Sekda saat menghadiri Forum OPD Bidang Lingkungan hidup dan Kehutanan se Provinsi Gorontalo, dihotel Peninsula kota Manado, Kamis (8/4/2021).

Hanya saja kata Sekda, ada kekurangan antara lain, pemerintah pusat melalui kementerian terkait, tam menerbitkan regulasi tentang kewajiban besaran anggaran untuk sektor ini.

“Misalnya, sektor kesehatan minimal 10% dan pendidikan 20 %, dari total APBD, bagaimana dengan sektor lingkungan hidup dan kehutanan ini, berapa persen,” ucap Sekda.

Sekda berharap, hal ini dapat disampaikan ke pemerintah pusat melalui Pemprov Gorontalo. Dan ini lanjut Sekda, membutuhkan komitmen bersama.

Terkait dengan anggaran disektor tersebut, Sekda mengungkap tentang sulitnya PUDAM memberikan layanan diwilayah tertentu.

Masih dalam agenda yang sama, Sekda mengatakan, saat ini di Gorontalo Utara mulai menerapkan seperti yang dilakukan di Kabupaten Gorontalo, dibawah kepemimpinan Nelson Pomalingo berupa, program Kambungu Beresi (Kampung Bersih).

Program ini lanjut Sekda, hampir setiap Sabtu dan Minggu dan dukungannya dari Pemprov Gorontalo.

“Sabtu depan saya mengajak Dandim dan teman-teman seluruh angkatan dari Kodim bersama-sama kami menanam,” tandas Sekda. (Prin/Adv)