Mau Beli Produk Pangan UMKM Gorontalo? Ayo Kesini

Mau Beli Produk Pangan UMKM Gorontalo? Ayo Kesini

06/04/2019 19:00 0 By Alex

umkm

Kepala Bapppeda Provinsi Gorontalo, Budiyanto Sidiki turut turun mempromosikan produk olahan pangan lokal pada pameran yang digelar di halaman Rudis Gubernur, Sabtu (6/4/2019).

Hulondalo.id – Dalam rangka memperingati HUT Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi), Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapppeda) bersama Dinas Pangan Provinsi Gorontalo menggelar pameran lokal pangan daerah yang menghadirkan lebih dari 30 UMKM se-Provinsi Gorontalo, Sabtu (6/4/2019).

Pameran lokal pangan daerah ini digelar di depan Rumah Dinas Gubernur Gorontalo dengan menempatkan sedikitnya 25 stand.

Berbagai produk pun dipamerkan pada kegiatan yang mengangkat tema “Bela dan Beli Produk UMKM Daerah” tersebut. Mulai dari makanan khas gorontalo seperti Ilepao dan Diniyohu yang disajikan khusus untuk setiap pengunjung pameran.

Ilepao sendiri adalah jenis makanan yang terdiri dari ikan kecil atau Nike yang dicampur bumbu dan tepung sagu lalu dibungkus daun, selanjutnya dipepes dalam bara api yang stabil. Dijamin pasti akan ketagihan.

“Jadi, ada berbagai macam pangan lokal yang dikelola UMKM kita. Ada berbagai jenis kue, pakaian, makanan khas, sayuran dan masih banyak lagi. Jadi pengunjung bisa melihat, menikmati dan membelinya,” kata Plt Ketua Iwapi Gorontalo, Titin Dunggio.

UMKM

Pameran pangan lokal UMKM daerah ini menjual berbagai produk olahan pangan. Ada 25 stand yang diisi oleh sekitar 30 UMKM wanita disini.

Sebelumnya, Asisten II Setda Provinsi Gorontalo, Syukri Botutihe menyampaikan, sejatinya kegiatan ini dikhususkan untuk kaum perempuan yang memiliki usaha.

“Memang Iwapi ini sudah 44 Tahun, di Gorontalo baru jalan 4 Tahun. Jadi wajar UMKM kita belum banyak, terutama wanita. Tapi dengan pameran ini, harapan kita bisa menjadi ajang motivasi, menambah pengetahuan bagi mereka yang ingin bergelut di bidang ini,” kata Syukri.

So, yang belum sempat datang tadi pagi, ke pameran lokal pangan daerah ini masih akan dibuka sampah esok hari, Ahad (7/4/2019). Bagaimana tertarik berkunjung ke sini? (usman/3)