Mau Cetak Dokumen Kependudukan? Manfaatkan Mesin ADM di Citimall Gorontalo Ini

Mau Cetak Dokumen Kependudukan? Manfaatkan Mesin ADM di Citimall Gorontalo Ini

19/03/2021 21:36 0 By Alex

Mesin ADM

Wakil Gubernur Gorontalo Idris menggunakan mesin ADM untuk mencetak KTP El pada peresmian pemanfaatan mesin ADM di Citimall Kota Gorontalo, Jumat (19/3/2021)

Hulondalo.id – Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim meresmikan pemanfaatan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di Citimall Kota Gorontalo, Jumat (19/3/2021).

Dengan ADM tersebut bisa mencetak dokumen kependudukan seperti KTP-El, Kartu Identitas Anak, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, dan Akta Kematian.

Warga yang akan memanfaatkan mesin ADM terlebih dahulu harus mendaftar ke Dinas Dukcapil untuk memperoleh Personal Identity Number (PIN) masuk ADM dan PIN pencetakan.

“Mesin ADM ini hadiah dari Kemendagri atas keberhasilan Provinsi Gorontalo meraih peringkat pertama Nasional dalam perekaman KTP elektronik untuk mendukung pelaksanaan Pilkada Serentak lalu,” kata Idris.

Keberhasilan tersebut tak lepas dari kerja keras jajaran Dinas Dukcapil Provinsi Gorontalo dan 3 kabupaten yang menggelar Pilkada Serentak pada Desember 2020 lalu.

Kabupaten Pohuwato meraih peringkat kedua Nasional dengan menyisakan 11 orang yang tidak melakukan perekaman KTP Elektronik, kemudian Bone Bolango di peringkat ke 11 dengan menyisakan 38 orang, serta Kabupaten Gorontalo yang menyisakan 348 orang berada pada peringkat ke 17.

“Prestasi itu tentunya menjadi kebanggaan kita bersama, apalagi hadirnya mesin ADM ini akan memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mengurus dan memperoleh dokumen dukcapil,” kata Idris.

Dia pun berharap agar pemanfaatan mesin ADM ini dapat menempatkan seorang petugas yang bisa mendampingi warga dalam menggunakannya. Idris juga berpesan agar mesin ADM tersebut bisa dijaga dengan baik agar bisa dimanfaatkan dalam waktu yang lama.(adv/alex)