Mau Usaha Sarang Walet Makin Moncer? Ambil Disini Ilmunya

Mau Usaha Sarang Walet Makin Moncer? Ambil Disini Ilmunya

07/07/2020 17:34 0 By Yadin

Sarang walet.

Hulondalo.id – Rupanya usaha sarang burung walet di Gorontalo lagi berkembang. Dari catatan yang diperoleh Hulondalo.id, tidak kurang dari 600 usaha sarang burung walet di bumi serambi Madinah ini.

Maklum, tak banyak keringat yang harus keluar saat menjalankan usaha yang satu ini. Namun hasilnya sangat, sangat dan sangat menggiurkan. Bayangkan, 1 Kg wahor burung walet harganya bisa di atas Rp10 Juta. Jika panennya maksimal, petani burung walet bisa dapat minimal sampai 5 Kg.

Memang, untuk membangun sarang burung walet butuh modal besar di awal. Makanya tidak jarang kalangan pembesar, mulai dari pengusaha hingga pejabat “diam-diam” punya bisnis yang satu ini.

Kabar soal bisnis sarang burung walet ini pun menyebar kemana-mana, terutama beberapa tahun belakangan ini. Apalagi buat mereka yang masih awam dan punya modal. Karena sudah tergiur dengan keuntungan, mereka pun buru-buru membangun sarang walet dengan biaya besar tanpa tahu ilmunya dan entah mendengar dari siapa.

Maka tidak jarang, meski sudah lama punya bangunan sarang burung walet di tempatnya, tapi tidak menghasilkan apa-apa selain tagihan listrik membengkak atau pajaknya yang sebentar lagi keluar. Burung walet itu hanya singgah sebentar saja, namun bermigrasi ke tempat lain.

“Itu karena hanya ikut ikutan dan belum tahu ilmu dan tekniknya. Seharusnya menguasai ilmu dan tekniknya agar investasi yang dikeluarkan dalam berbudidaya sarang walet tidaklah sia-sia,” kata Konsultan Budidaya Sarang Walet Gorontalo, Yanto Turede yang sudah memegang lisensi dari konsultan walet Asia Tenggara, Arief Budiman.

Yanto Turede bersama Arief Budiman.

Nah dalam waktu dekat akan digelar seminar dan konsultasi yang menghadirkan narasumber, Yanto Turede. Dalam seminar nanti, Yanto akan membagi ilmu mulai dari penentuan lokasi, desain rumah burung walet, cara mengundang burung walet sampai pemasaran hasil panen.

“Jadi, seperti desain rumah burung walet, itu tidak sembarangan. Desain sarang itu harus sesuai dengan sifat burung walet. Nanti saya buka pada seminar nanti,” tegas Ketua Persatuan Petani Sarang Walet Nusantara (PPSWN) Provinsi Gorontalo itu.

Menurut rencana, seminarnya akan diselenggarakan di Pohuwato pada 23 Juli 2020 dengan kuota peserta terbatas untuk 20 orang saja dan mengikuti protap kesehatan. (yadin)