Mediasi Aspirasi Asosiasi BPD, Sekda: Jaga Harmonisasi Pemerintahan

Mediasi Aspirasi Asosiasi BPD, Sekda: Jaga Harmonisasi Pemerintahan

12/03/2019 23:24 0 By Maman

Pertemuan dilakukan Sekda Gorontalo Utara Ridwan Yasin dan Asisten II Thamrin Yusuf dengan Asosiasi BPD Kabupaten Gorontalo Utara. (foto:humas)

Hulondalo.id – Sejumlah aspirasi yang disampaikan pengurus Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se Kabupaten Gorontalo Utara, dimediasi Sekda Gorontalo Utara Ridwan Yasin.

Bertempat diruang kerjanya Selasa (12/3/2019), Sekda mengakui, banyak hal dibahas yang prinsipnya, untuk memajukan pembangunan kedepan. Sekda juga mengakui bahwa, pembangunan tidak akan maksimal, jika hubungan antar lembaga pemerintahan, tidak harmonis.

Disemua tingkatan pemerintahan kata Sekda, adalah penting untuk menjaga keharmonisan hubungannya. “Ditingkat desa, saat ini terkesan bahwa BPD dan kepala desa itu terjadi kesenjangan yang cukup jauh,” kata Sekda.

Sekda juga menjelaskan, hasil pertemuan antara dirinya dengan Asosiasi BPD ini, segera disampaikan yang kemudian akan ditindak lanjuti olehnya, dalam rapat bersama para Kepala Desa dan Camat di Kantor Dinas BPMDes.

Sementara itu, Ketua Asosiasi BPD Kabupaten Gorontalo Utara Grace Mangosa juga menyampaikan harapan yang sama, terkait hubungan antara BPD dan kepala desa yang lebih harmonis.

“Persoalan urgen di desa, selama BPD belum dilihat sebagai mitra sejajar oleh kepala desa,” ungkap Grace. Mereka berharap, adanya persamaan bisa meminimalisir adanya kesenjangan yang bisa berujung pada munculnya rasa iri dan tidak menerima perbedaan.

Grace juga berharap Sekda dapat menindak lanjuti keperluan operasional Asosiasi BPD dari sisi anggaran. “Kami membutuhkan fasilitas seperti komputer dan perlengkapan lain,” ujar Grace.

Sebab, ditahun 2018 kemarin kata dia, Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin, telah mengalokasikan dana Rp. 28 juta untuk membangun sekretariat di seluruh desa. Juga akan menempatkan 1 pegawai untuk administrasi BPD. Untuk optimalnya, dibutuhkan fasilitas terutama laptop dan komputer. (hl/man/hms_fhr)