Mediasi Disnaker Tulungagung Sukses, Mantan Karyawan Dipekerjakan Kembali

Mediasi Disnaker Tulungagung Sukses, Mantan Karyawan Dipekerjakan Kembali

29/09/2020 14:34 0 By Maman

Kasi Hubungan Industrial Dinas Tenaga Kerja Tulungagung, Ronald Arbibawa.

Hulondalo.id – Upaya mediasi Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Tulungagung sukses. 21 karyawan PT. Indoco yang sebelumnya mengajukan protes terkait kebijakan perusahaan, sejak Senin (28/9/2020) dipekerjakan kembali oleh perusahaan.

Koordinator karyawan PT. Indoco yang di PHK, Mu’ali Widodo mengatakan, pekan kemarin bersama rekannya, Manap telah dipanggil perusahaan, untuk menandatangani kesepakatan pemenuhan tuntutan dan dipekerjakan kembali.

“Senin (28/09/2020), saya dan 20 karyawan lainnya sudah mulai bekerja kembali,” kata Mu’ali melalui telepon seluler, Selasa (29/09/2020).

Menurutnya, perusahaan sangat koorperatif, setelah aduannya diterima Disnaker Tulungagung dan dilakukan klarifikasi. Dia dipanggil oleh manajemen perusahaan dan tuntutannya langsung dipenuhi.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Disnaker Tulungagung melalui Kasi Hubungan Industrial, Ronald Arbibawa mengatakan, selang 3 hari setelah berkunjung ke perusahaan, Direktur perusahaan langsung mendatangi kantor Disnaker Tulungagung.

“Perusahaan mengklarifikasi atas aduan yang dilayangkan oleh karyawannya dan berjanji akan memenuhi tuntutan itu, dalam dokumen kesepakatan damai, perusahaan akan membayar THR yang tidak diberikan dan karyawan akan dipekerjakan kembali,” ungkap Ronald.

Perusahaan juga kata Ronald, akan memberikan fasilitas BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan kepada karyawan yang statusnya sudah menjadi pegawai tetap. Ronald juga mengatakan, akan memastikan bahwa kesepakatan yang dituangkan dalam dokumen damai itu, benar-benar sudah direalisasi oleh perusahaan.

“Penyelasaian dalam masalah ini memakai Bipartit, tapi kita juga tetap akan kroscek kepada karyawan untuk memastikanya,” pungkasnya. (Sururi)