Melalui P3-TGAI, BWS Sulawesi 2 Tingkatkan Jaringan Irigasi di Provinsi Gorontalo

Melalui P3-TGAI, BWS Sulawesi 2 Tingkatkan Jaringan Irigasi di Provinsi Gorontalo

19/03/2021 22:45 0 By Syakir

Peninjauan oleh Balai Sungai Sulawesi 2, untuk pekerjaan perbaikan jaringan irigasi yang dilaksanakan secara swakelola oleh masyarakat, lewat prgram P3-TGAI.

Hulondalo.id – Lewat program padat karya tunai, pemerintah lewat Kementrian PUPR ikut mendorong pemulihan ekonomi masyarakat khususnya di pedesaan. Di Provinsi Gorontalo sendiri, masyarakat terlibat dalam Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi ( P3-TGAI).

Sedikitnya ada 150 lokasi menjadi tempat sebaran program P3-TGAI di Provinsi Gorontalo, yang digulirkan Kementrian PUPR lewat Direktorat Jenderal Sumber Daya Air.

Penerima manfaatnya adalah masyarakat petani yang tergabung dalam Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A), Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A), dan Induk Perkumpulan Petani Pemakai Air (IP3A). Semuanya dilaksanakan secara swakelola dan tidak dipihak ketigakan.

Salah satu tujuan P3-TGAI adalah untuk menumbuhkan partisipasi masyarakat petani dalam kegiatan rehabilitasi, peningkatan jaringan irigasi, dan pembangunan jaringan irigasi, sesuai dengan kebutuhan dan berdasarkan prinsip kemandirian, serta penyerapan tenaga kerja di masyarakat pendesaan dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional.

Pelaksanaan P3-TGAI yang meliputi tahap persiapan, perencanaan, pelaksanaan, dan Tahap Penyelesaian Kegiatan dalam pelaksanaan ini agar selalu memperhatikan kebutuhan, kesulitan dan aspirasi setiap orang baik laki laki dan perempuan, termasuk lansia kelompok disabilitas dan berkebutuhan khusus lainnya. (adv)