Melihat Dari Dekat Cara Polantas Tegakkan Prokes Saat Operasi Zebra di Gorontalo

Melihat Dari Dekat Cara Polantas Tegakkan Prokes Saat Operasi Zebra di Gorontalo

18/11/2021 18:30 0 By Syakir

Salah seorang personel Lalu Lintas Polda Gorontalo saat memberikan masker kepada pengendara sepeda motor saat Operasi Zebra Otanaha 2021 di depan Polda Gorontalo.

Hulondalo.id – Berbekal surat lengkap, Rahmat Mohamad (37) tak segan melewati segerombolan polisi lalu lintas (Polantas) yang bertugas di depan Polda Gorontalo. Maklum, saat itu sedang ada Operasi Zebra Otanaha 2021 dalam rangka menghadapi Natal dan Tahun Baru 2022.

Rupanya pada operasi kali ini, berbekal surat-surat kendaraan saja tidak cukup. Rahmat tetap “diamankan” karena rupanya sama sekali belum mengikuti vaksinasi.

“Tapi saya pakai masker terus pak,” kilah Rahmat yang memang sedang memakai masker.

Namun setelah mendapat penjelasan dan sedikit edukasi tentang kekebalan komunal, warga Isimu, Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo itu akhirnya mengikuti vaksinasi. Kebetulan saat itu Polda Gorontalo masih membuka kegiatan vaksinasi bagi masyarakat umum.

Kejadian begitu rupanya tidak hanya menimpa Rahmat saja. Tercatat, setidaknya ada 115 pengguna jalan yang antusias mengikuti vaksinasi Covid-19 khusus di Polda Gorontalo setelah terjaring pada operasi Zebra Otanaha 2021 hari pertama, Senin (15/11/2021).

Sebagian besar mereka, baik yang berkendara roda dua dan roda empat tidak membawa surat-surat kelengkapan kendaraan, tidak memakai masker, bahkan belum divaksin.

“Ternyata yang belum vaksin masih cukup banyak,” ucap Direktur Lalu Lintas Polda Gorontalo, AKBP Arief Budiman.

Meski demikian, lanjut Arief, tindakan hukum Operasi Zebra Otanaha yang digelar di tengah pandemi Covid-19 ini tetap mengedepankan langkah persuasif, edukatif dan humanis dengan orientasi mendisiplinkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan dan melaksanakan vaksinasi.

“Kami lebih memprioritaskan kegiatan vaksinasi, tetapi tetap harus mengedepankan tindakan humanis dahulu, lalu ajakan vaksinasi,” timpal Arief.

Pun sampai hari ketiga gelaran Operasi Zebra Otanaha 2021, Kamis (18/11/2021), Kabag Bin Ops Dirlantas Polda Gorontalo AKBP Gatot Sudibyo mengakui jika masih banyak pengguna jalan yang melanggar protokol kesehatan, salah satunya tidak menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

“Masih banyak warga yang melanggar prokes dibanding melanggar (aturan) lalu lintas. Yang melanggar prokes, kami sudah ingatkan. Yang melanggar lalu lintas, kita kasih tahu dan edukasi supaya tidak mengulanginya lagi,” kata Gatot.

Tak hanya memberi edukasi, personel Polantas pun turut membagi-bagikan masker kepada pengguna jalan sekaligus memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga protokol kesehatan dalam rangka memutus penularan Covid-19 di Provinsi Gorontalo.

Terpisah, Kabid Humas Polda Gorontalo Kombes Pol Wahyu Tri Cahyono mengatakan, operasi Zebra Otanaha 2021 ini tidak hanya menggelar razia kepada pengendara yang melanggar lalu lintas, namun juga dilakukan razia masker dan himbauan akan protokol kesehatan.

Melalui kesempatan ini pula, Wahyu kembali menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk dapat mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak saat beraktivitas di luar rumah serta sering mencuci tangan dengan sabun di air mengalir.

“Ingat, penularan wabah Covid-19 dapat kita cegah dengan selalu menaati aturan pemerintah dengan selalu mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan aktivitas,” tandas Wahyu.(alex/msha)