Melihat Komitmen SMS, Target Pohuwato Zero Stunting Akan Mudah Dicapai

Melihat Komitmen SMS, Target Pohuwato Zero Stunting Akan Mudah Dicapai

26/03/2021 21:15 0 By Yadin

Bupati Saipul menghadiri dan membuka rapat koordinasi penanganan stunting.

Hulondalo.id – Di tahun 2022 nanti, menyisakan 9 desa se-Kabupaten Pohuwato yang akan menjadi lokus penanganan stunting.

Bupati Pohuwato, Saipul Mbuinga ikut menghadiri sekaligus membuka kegiatan rapat koordinasi pemetaan program stunting yang dilaksanakan saat baksos 100 hari kerja SMS di Kecamatan Dengilo, Jumat (26/3/2021).

Dari hasil rapat koordinasi lintas OPD tentang analisis situasi itu, ditetapkan 9 desa lokus stunting di tahun 2022. Itu pun, penetapan desa lokus stunting sudah memakai standar yang ditargetkan oleh Presiden Jokowi pada tahun 2024, yakni 14 persen.

“Kalau memakai standar nasional hari ini yakni 22 persen, maka Pohuwato tersisa 2 desa lokus. Tapi pemerintah hari ini sudah memasang standar 14 persen seperti target bapak Presiden di 2024. Jadi, ada 9 desa lokus yang akan kita berikan perhatian nanti,” ujar Fasilitator Gerbos Emas, Rozlan Tawaa saat diwawancarai.

Menurutnya, jika melihat komitmen pemerintahan SMS, maka target Pohuwato zero stunting akan mudah dicapai.

“Dengan melihat komitmen pemerintahan SMS hari ini yang tidak pernah pudar dan begitu getol, target Pohuwato zero stunting akan mudah tercapai,” bebernya.

Apalagi lanjut Rozlan, penanganan stunting masuk pada 8 program prioritas pemerintahan SMS.

Bupati Saipul saat memantau pelayanan Posyandu untuk memantau tumbuh kembang anak.

Bupati Saipul pun menegaskan, pentingnya program untuk penanganan stunting.

“Program ini penting. Dan program kami ke depan, bagaimana Pohuwato keluar dari persoalan stunting,” jelas Saipul.

Karena bagi Saipul, penanganan stunting berkaitan erat dengan masa depan generasi penerus Kabupaten Pohuwato. (yadin/adv)