Membanggakan! Program “Rumah Gratis” Pohuwato Jadi Percontohan Nasional

Membanggakan! Program “Rumah Gratis” Pohuwato Jadi Percontohan Nasional

18/02/2020 11:14 0 By Yadin

Tampak Irfan Saleh tengah memaparkan program rumah sehat komunal di Jakarta. (istimewa)

Hulondalo.id – Program “Rumah Gratis” atau rumah sehat komunal yang diluncurkan oleh pemerintahan SYAH (Syarif Mbuinga-Amin Haras) di periode kedua, rupanya begitu dilirik oleh pemerintah pusat.

Berkat program ini, Pohuwato adalah satu-satunya kabupaten di Indonesia yang diundang khusus Kementerian Pembangunan Nasional/Bappenas.

Mewakili Bupati Pohuwato, Kepala Baperlitbang, Irfan Saleh diminta untuk menjadi narasumber berbagi konsep Peran Pokja dalam Pembangunan Perumahan, Permukiman, Air Minum dan Sanitasi Nasional, Senin (17/2/2020).

Di forum nasional itu, Irfan Saleh memaparkan panjang lebar soal ide awal program ini.

“Ketika beliau (Bupati Syarif) diakhir periode pertama menemukan di lapangan ada rumah sehat yang dibangun tidak lengkap akses air dan listrik, ada di tempat yang rawan banjir, dan ada yang jauh dari akses layanan dasar. Sehingganya muncul ide membangun rumah sehat dengan konsep komunal,” papar Irfan Saleh di hadapan ratusan peserta kick-off meeting Pokja PPAS di Jakarta.

Dan menurut Irfan, program ini diapresiasi oleh pusat karena bisa mengkolaborasikan pendanaan dari berbagai level pemerintahan mulai dari dana desa, dana APBD, hingga APBN.

Sebagai informasi, program ini juga mampu mengantarkan Pohuwato sebagai daerah terbaik ke-7 se Indonesia pada program Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tahun 2019 kemarin. (yadin/adv)