Menanam Sekarang untuk Menuai Masa Depan

Menanam Sekarang untuk Menuai Masa Depan

26/11/2020 23:34 0 By Syakir

Hulondalo.id – Hari menanam pohon indonesia yang disingkat dengan HMPI  di peringati pada tanggal 28 november. Peringatan momentum bersahaja tersebut tidak lahir begitu saja. Ada beberapa peran dibalik lahirnya HMPI tersebut terutama para kaum wanita yang seyogyanya senang dengan kegiatan tanam menanam. Kegiatan yang pertama kali dideklarasikan pada tahun 2008 silam oleh presiden ke enam yaitu bapak susilo bambang yudhoyono.

oleh: Sabaruddin, B. S. Hut., M. Hut,

Dosen Konservasi Hutan, Universitas Nahdlatul Ulama Gorontalo

Jika dikaji lebih jauh sejarah pola pembagian kerja dalam teori marxian, dimana para wanita memiliki peran sebagai peramu dan penanam sedangkan para pria sebagai para pemburu binatang liar untuk dimakan bersama. Berlandaskan teori tersebut memang hakikatnya para wanita senang dengan kegiatan tanam menanam. Maka tak heran inisiasi peringatan hari menanam pohon indonesia pencetus nya ialah para gerakan perempuan tanam pohon.

Tujuan awal kegiatan tersebut untuk merehabilitasi lahan yang terkena dampak eksploitasi berlebihan tapi tidak di imbangi dengan reboisasi. Di tahun 2007 kegiatan awal menanam pohon pun dilakukan sehingga lahirlah HARI MENANAM POHON INDONESIA yang setiap tahun di peringati.

Pohon sebagai penghasil utama oksigen yang sangat di butuhkan oleh manusia. Tanpa pohon kehidupan tidak akan ada karena hampir semua mahluk hidup itu membutuhkan oksigen. Pohon juga membutuhkan karbondioksida yang mereka dapatkan dari manusia. Jadi, dalam pola ini ada simbiosis mutualisme. Pohon dan manusia tak dapat dipisahkan. Oleh karena itu konsep “onemanonetree” Meniscayakan keberadaan mahluk hidup yang saling membutuhkan satu sama lain.

Selain sebagai penghasil oksigen peran pohon juga dapat meningkatkan kesuburan tanah. Ada beberapa jenis pohon yang dapat meningkatkan kesuburan tanah diataranya jenis pohon legum. Hal tersebut karena pada jenis legum mampu mengkonversi nitrogen yang di butuhkan oleh tanaman sekitarnya.  Salah satu jenis pohon legum yang mudah di jumpai di pekarangan yakni lamtoro, gamal, dll.

Pohon juga mampu memperbaiki kesuburan tanah dan bahan organik tanah (BOT). hal itu dikarenakan perakaran pada pohon relatif lebih panjang. Sehingga akar yang paniang mampu menyerap air di dalam tanah yang berada jauh kedalam. Selain itu akar yang panjang dan besar tersebut juga mampu memecah batu menjadi tanah.

Kebanyakan dari kita tak menyadari peran urgent pohon tersebut dalam tatanan kehidupan. Selain penghasilan kayu mungkin sudah tidak ada lagi kelebihan pohon bagi kita. Padahal peran pohon cukup banyak. Selain sebagai penghasilan oksigen, peningkatan kesuburan tanah, pohon juga berperan serta dalam mengikat air tanah yang dimana ketika musim kemarau tiba pohon yang mengikat air tanah tersebut sangat di butuhkan.

Oleh karenanya dalam momentum HARI MENANAM POHON INDONESIA ini  selayaknya kita menyadari akan peran dan fungsi pohon yang urgent bagi kehidupan manusia. Konsep “onemanonetree bisa kita galakan dalam berbagai aktivitas dan kegiatan kita. Dimulai dari hal-hal kecil seperti memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam pohon, melakukan aktivitas sosial dengan berbagi bibit pohon, atau malah bantuan otot dan otak untuk daerah yang terkena dampak banjir dan longsor akibat pembalakan liar baik berupa edukasi, reboisasi, maupun rehabilitasi.

Selamat HARI MENANAM POHON INDONESIA untuk masa depan yang bersih dan hijau…**