Menanti Gebrakan Baru Wishnutama, Ini Harapan Industri Pariwisata Gorontalo

Menanti Gebrakan Baru Wishnutama, Ini Harapan Industri Pariwisata Gorontalo

29/10/2019 10:12 0 By Alex

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Wishnutama. (F. viva.co.id)

Hulondalo.id – Dipilihnya Wishnutama sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI rupanya turut membawa harapan baru, terutama bagi industri pariwisata Gorontalo.

“Selain fokus pada 5 destinasi super prioritas, kami berharap Gorontalo tetap dilirik sebagai salah satu potensi wisata dan ekonomi kerakyatan di Indonesia,” harap Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia atau Association of The Indonesian Tours And Travel Agencies (ASITA) Gorontalo, Marten Chandra kepada Hulondalo.id, Selasa (29/102019).

Salah satu caranya untuk mendukung harapan itu adalah dengan menstabilkan dan atau menurunkan harga tiket pesawat dalam negeri. Menurut Marten, tiket pesawat masih menjadi penghidupan utama dari industri pariwisata dalam negeri, termasuk di Gorontalo.

Sebelumnya, menurut data terakhir Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2018, jumlah kunjungan wisatawan nusantara berjumlah 275 juta kunjungan. Sementara perolehan devisa dari pariwisata sebesar Rp 270 Triliun. Menurut dia, ini merupakan potensi ekonomi yang sangat luar biasa.

“Januari sampai Mei 2019, ketika harga tiket dijual dengan sangat Tinggi, sangat memberatkan industri pariwisata dalam negeri, mulai dari biro perjalanan, toko souvenir, jasa transportasi seperti rental mobil, local guide dan lainnya, semua mendapat imbas negatif,” aku Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Gorontalo itu.

Dengan harga tiket pesawat domestik yang terjangkau dan bisa bersaing dengan harga tiket pesawat ke luar negeri, diharapkan bisa mendongkrak minat wisatawan nusantara untuk mengeksplorasi wisata di dalam negeri dibandingkan melancong ke luar negeri, terutama bagi daerah-daerah di Indonesia Timur yang jaraknya cukup jauh dari ibukota.

Ketua ASITA Gorontalo Marten Chandra.

Selain harga tiket pesawat, harapan besar untuk Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang baru adalah bisa menduplikasi kesuksesan event-event yang sudah pernah dikemas oleh Wishnutama ke seluruh daaerah di Indonesia. Ini tujuannya agar bisa membuat festival-festival dan event-event kelas dunia, sehingga kunjungan ke destinasi wisata daerah akan meningkat tajam.

“Dengan banyaknya event kelas nasional, bahkan dunia, tentu akan meningkatkan faktor “WHY” di dalam alasan wisatawan untuk berkunjung ke daerah tujuan wisata, dalam hal ini harapannya adalah termasuk di Gorontalo,” katanya.

“Yang jelas, dengan terpilih Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang baru ini, kami sangat antusias untuk menanti gebrakan-gebrakan dan juga bimbingan baru dari Kementrian Pariwisata kedepan untuk kemajuan industri pariwisata dan ekonomi kreatif,” tandas dia.(Alex)