Menanti Srikandi Terbaik Gorontalo, Merlan-Suharsi Pertanda Awal

Menanti Srikandi Terbaik Gorontalo, Merlan-Suharsi Pertanda Awal

27/02/2021 19:26 0 By Syakir

Foto bersama usai pelantikan Bupati dan Wakil Bupati 3 kabupaten, di Rudis Gubernur Gorontalo, Jumat (26/2/2021)

Hulondalo.id – Merlan Uloli dan Suharsi Igrisa, berhasil mematahkan anggapan kalau perempuan di kursi pimpinan daerah di Gorontalo itu tabu.

Terpilihnya Merlan sebagai Wakil Bupati (Wabup) Bone Bolango, dan Suharsi Wabup Pohuwato, mungkinkah menjadi pertanda bahwa era pemimpin perempuan di daerah ini sudah dimulai?

Sejatinya, Merlan dan Suharsi bukanlah orang pertama yang mencoba maju bertarung di pemilihan kepala daerah (Pilkada). Sebelumnya, sudah ada beberapa figur yang mencoba jalur ini, tapi belum beruntung. Isu perempuan tabu jadi kepala daerah selalu jadi senjata lawan.

Sebut saja Reyna Usman yang kalah di Pilkada Pohuwato 2005, padahal Reyna diusung partai Golkar yang kala itu adalah partai penguasa, yang memiliki 10 dari 25 kursi di parlemen.

2018 ada Suhela Rahmat. Perempuan yang juga pengusaha itu maju di Pilkada Gorontalo Utara mendampingi Thomas Mopili. Sayang pasangan ini kemudian kalah dari calon petahana.

Dan terakhir ada Hana Hasanah. Istri dari mantan Gubernur Fadel Muhammad itu, maju sebagai Calon Gubernur Gorontalo berpasangan dengan Tony Yunus. Sayang, Pilgub 2017 masih milik petahana.

Hingga Desember 2020, Merlan Uloli dan Suharsi Igrisa berhasil menjadi perempuan pertama yang terpilih sebagai Wakil Bupati di Bone Bolango dan Pohuwato.

“Kita patut bergembira bahwa pada pilkada tahun 2020 telah lahir dua srikandi menjadi pemimpin pertama di  Gorontalo, yaitu Ibu DR. Merlan Uloli dan Ibu Hj. Suharsi Igirisa,” kata Gubernur Rusli Habibie, pada pelantikan 3 pasangan bupati dan wakil bupati, Jumat (26/2/2021).

Gubernur dua periode itu berharap, kedepan nanti akan lahir srikandi-srikandi hebat yang dapat ikut berpartisipasi dalam pembangunan di Provinsi Gorontalo.

“Semoga kedepan nanti akan lahir Suharsi Igirisa dan Merlan Uloli lainnya yang dapat berperan dan berpartisipasi dalam pembangunan dan kemajuan Provinsi Gorontalo,” tandasnya.

Gorontalo sendiri memiliki sederet perempuan yang menduduki posisi strategis. Sebut saja, Idah Syahidah yang kini menjabat anggota DPR RI. Selain itu ada Dewi Hemeto dan Ramijati Yahya yang sudah 2 periode di DPD RI.

Di Kabupaten Gorontalo ada Hadijah Thayeb yang mejabat Sekda. Serta masih banyak lagi politisi perempuan yang menduduki kursi legislatif, serta kepala dinas perempuan. Dan semua figur itu, layak untuk maju di medan Pemilihan Gubernur mendatang. (*)