Menarik, Yahya Mayang Ajak Kaum Milenial Ikut Membangun Desa

Menarik, Yahya Mayang Ajak Kaum Milenial Ikut Membangun Desa

03/10/2019 17:42 0 By Yadin

Yahya Mayang saat menyerahkan berkas pencalonan untuk ikut pemilihan Kepala Desa Paris Kecamatan Mootilango Kabupaten Gorontalo.

Hulondalo.id – Menyebut sosok Yahya Mayang, tentu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat yang tinggal di Desa Paris, Kecamatan Mootilango, Kabupaten Gorontalo.

Iya, Pria yang sehari-hari mengabdikan diri sebagai sekretaris desa ini, memiliki gagasan tentang peran pemuda dalam membangun desa. Meski usianya tergolong muda dan dikatakan milenial, tapi sudah memiliki karir mumpuni yang layak diajungi jempol.

Kepada hulondalo.id, Yahya menjelaskan tentang idenya membangun desa yang ingin dilakukannya. Menurutnya, ada tiga konsep pemikiran dalam membangun desa agar lebih maju dan unggul.

Pertama, memaksimalkan potensi kaum muda. Mengingat, jumlah mahasiswa yang mengikuti pendidikan di perguruan tinggi cukup banyak, tapi sayangnya justru memilih untuk menetap dan mencari pekerjaan di kota ketika telah meraih gelar sarjana.

Nah, Yahya meminta mahasiswa lulusan perguruan tinggi yang berasal dari desa, kiranya kembali pulang kampung untuk mengaplikasikan ilmu yang didapat. Seperti memberikan pengetahuan di bidang teknologi dan informasi, kesehatan, pertanian dan peternakan, ekonomi, pariwisata, pendidikan, dan ilmu lainnya bagi masyarakat.

“Misalnya, dengan memberikan informasi penggunaan internet bagi masyarakat desa, dalam hal  memasarkan produk hasil pertanian, melalui jejaring media sosial,” katanya.

Suasana kantor Desa Paris, Kecamatan Mootilango, Kabupaten Gorontalo

Konsep kedua, Yahya mendorong pemuda berpartisipasi dalam pengawasan pembangunan infrastruktur desa, seperti jalan dan jembatan, juga pemasangan listrik bagi masyarakat yang belum mendapatkan penerangan. Apalagi, ada bantuan pemerintah pusat yang dikucurkan untuk menjalankan program melalui anggaran dana desa. Dan yang ketiga, dirinya mengajak masyarakat desa agar lebih produktif meningkatkan hasil pertanian dan perkebunan, sehingga kesehjateraan masyarakat petani terus bertambah.

Dari pengalamannya selama 3 tahun terakhir sebagai Sekdes Paris, peran pemuda menjadi sosok yang tidak bisa dilepaskan dalam pembangunan. Olehnya, dibutuhkan kesadaran semua pihak untuk mendukung kaum muda dalam membangun desa, tanpa harus dianggap sebelah mata.

“Jika seluruh pemuda lulusan perguruan tinggi mau kembali ke desa dan menerapkan ilmu pengetahuan  kepada masyarakat, tentu saja pembangunan desa akan lebih cepat, sehingga terwujud masyarakat yang sejahtera dan unggul,” tutup pemuda yang saat ini menjabat Ketua Koni Kecamatan Mootilango. (adv/rinto)