Mengenal Batik Cakra Palah Khas Kabupaten Blitar

Mengenal Batik Cakra Palah Khas Kabupaten Blitar

28/11/2020 09:58 0 By Maman

Agus Muntholip Setiawan

Kabid Pemasaran Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Disparbudpora Kabupaten Blitar, Agus Muntholip Setiawan.

Hulondalo.id – Batik khas Kabupaten Blitar, Cakra Palah terus disosialisasikan oleh Dinas Parbudpora Kabupaten Blitar. Ini dilakukan guna mendorong perkembangan industri batik di Kabupaten Blitar.

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Disparbudpora Kabupaten Blitar, Agus Muntholip Setiawan menjelaskan, motif batik Cakra Palah diambil dari perpaduan antara relief berbentuk medali yang ada di Candi Penataran (Palah), dengan Surya Majapahit.

“Dari dua motif tersebut, terdapat beberapa filosofi yang dapat menggambarkan Blitar secara keseluruhan,” kata Agus Jum’at, (27/11/2020).

Agus juga mengatakan, motif relief berbentuk medali yang ada di Candi Palah, tidak dimiliki oleh daerah lain. Begitu juga kata dia, motif Surya Majapahit yang memiliki filosofi kekhasan dari Kabupaten Blitar. Sebagai candi terbesar di Jawa Timur, Candi  Penataran memang harus lebih dikenalkan kepada masyarakat luas.

Dalam menentukan motif batik khas Kabupaten Blitar, dilalui beberapa kali forum diskusi dengan para pembatik. Hasilnya kata Agus, disepakati motif batik Cakra Palah sebagai motif batik khas Kabupaten Blitar. Karena itu, ia menilai perlu adanya satu motif yang bisa menjadi ikon batik dari Kabupaten Blitar.

Batik Cakra Palah

Motif Batik Cakra Palah Kabupaten Blitar.

“Harapan kami dengan adanya motif batik Cakra Palah ini nanti akan menjadi ikon dari Kabupaten Blitar, tujuannya untuk mengangkat batik khas Kabupaten Blitar agar lebih mudah dikenal oleh masyarakat,” tutupnya.

Sementara itu, kata Cakra berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya roda atau lingkaran. Menurut KBBI, cakra berarti roda, besi bundar, pipih dan tajam (sebagai senjata). Merupakan senjata andalan Dewa Wisnu, yang berupa panah berbentuk bola seperti roda bergerigi.

Palah berasal dari nama asli Candi Penataran yaitu Candi Palah. Makna dari Cakra Palah sendiri adalah simbol kesadaran sejati manusia akan keberadaannya sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang tidak sempurna, sehingga dalam kehidupannya harus selalu berupaya untuk mencari kesempurnaan hidup sejati dengan berbuat baik pada sesama. (Anang/Kmf/Adv)