Mengenal Kapolda Maluku yang Menjeda Unjuk Rasa Tolak Omnibus Law dengan Sholat Dzuhur

Mengenal Kapolda Maluku yang Menjeda Unjuk Rasa Tolak Omnibus Law dengan Sholat Dzuhur

14/10/2020 05:15 0 By Alex

Kapolda Maluku

Kapolda Maluku Irjen Pol Baharuddin Djafar saat memimpin sholat dzuhur berjamaah saat mahasiswa menggelar unjuk rasa menolak Omnibus Law UU Cipta Kerja di DRPD Maluku, Ambon, Senin (12/10/2020). (F. Istimewa)

Hulondalo.id – Unjuk rasa menolak Omnibus Law UU Cipta Kerja terjadi di sejumlah daerah, beberapa hari terakhir. Beberapa daerah di antaranya ada yang berujung anarkis.

Di Gorontalo, 2 dari 3 kali unjuk rasa menolak UU sapu jagat itu berujung rusuh. Bahkan yang terakhir, sedikitnya 202 pengunjuk rasa sempat diamankan Polda Gorontalo, Senin (12/10/2020).

Tapi tak semua aksi unjuk rasa berlangsung panas. Seperti di Provinsi Maluku yang terjadi malah sebaliknya. Aksi unjuk rasa yang dimotori mahasiswa setempat bahkan berlangsung sejuk.

Salah satunya yang terekam saat Kapolda Maluku, Irjen Pol Baharuddin Djafar mengimami sholat dzuhur ketika unjuk rasa sedang berlangsung di kantor DPRD Maluku, Karang Panjang, Ambon.

Dilansir dari terasmaluku.com, awalnya mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Maluku melakukan unjuk rasa di gedung DPRD menolak Omnibus Law UU Cipta Kerja.

Saat waktu dzuhur telah tiba, Kapolda Maluku Irjen Pol Baharuddin Djafar yang mengawasi jalannya unjuk rasa itu mengajak mahasiswa untuk sholat dzuhur berjamaah, tepat di halaman kantor DPRD Maluku.

Mantan Kapolda Sulawesi Barat itu pun langsung menjadi imam. Dia bahkan memerintahkan salah seorang mahasiswa untuk mengumandangkan adzan.

Kapolda Maluku

Kapolda Maluku Irjen Pol Baharuddin Djafar saat memimpin doa bersama usai sholat dzuhur berjamaah. (F. Istimewa)

Beberapa pejabat utama Polda Maluku bersama mahasiswa pun khusyuk melaksanakan sholat dzuhur berjamaah, meski hanya beralaskan kertas koran dan jas almamater mahasiswa.

Setelah usai sholat, mahasiswa pun kembali melanjutkan unjuk rasa menolak pengesahan UU Cipta Kerja. Mereka meminta DPR RI untuk membatalkan UU tersebut.

Pemandangan itu pun viral dan menjadi perbincangan di media sosial. Rata-rata netizen pun kagum dengan sosok Irjen Pol Baharuddin Djafar.

Rupanya, Irjen Pol Baharuddin Djafar bukan kali ini saja membuat kagum media sosial. Pada bulan September 2020 lalu, sebuah foto memperlihatkan Jenderal bintang dua itu tertidur berbantalkan sajadah di sebuah masjid.

Kapolda Maluku

Kapolda Maluku Irjen Pol Baharuddin Djafar saat tertidur di masjid usai melaksanakan sholat. (F. Istimewa)

Bahkan, perwira polisi yang pernah menjabat sebagai Kabid Humas Polda Metro Jaya itu turut aktif dalam sebuah komunitas dakwah hingga kini.

Kapolda Maluku

Kapolda Maluku Irjen Pol Baharuddin Djafar saat membacakan kitab Fadhilah Amal usai sholat berjamaah di sebuah masjid. (F. Istimewa)

Baharuddin Djafar lahir di Makassar, Sulawesi Selatan, 23 Januari 1963. Dia merupakan alumnus Akpol 1986. Selain pernah menjabat sebagai Kapolda Sulbar, Baharuddin juga pernah menjabat Widyaiswara Madya Sespim Lemdikpol Polri.

Irjen Pol Baharuddin Djafar menjabat Kapolda Maluku berdasarkan telegram Kapolri Jenderal Idham Azis tertanggal 3 Februari 2020.(Alex)